Kamis, 20 Jun 2019 09:20 WIB

Mark Zuckerberg Kian Tak Populer di Mata Pegawainya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Situs pencari kerja Glassdoor baru-baru ini merilis daftar Employee's Choice Awards yang salah satu kategorinya adalah CEO terbaik pilihan karyawan. CEO Facebook Mark Zuckerberg terindikasi kian tak populer di mata pegawai.

Dilansir detikINET dari CNBC.com, Kamis (20/6/2019), dalam kategori CEO di AS periode 2019 ini Zuckerberg berada di posisi ke-55 alias turun setelah sebelumnya di posisi ke-16. Tingkat penerimaan dari pegawai pun turun walau tetap tinggi; dari 96% menjadi 94%.




Dalam daftar ini, di atas Zuck ada beberapa CEO perusahaan teknologi top lain seperti CEO Google Sundar Pichai di peringkat ke-6 dan CEO Microsoft Satya Nadella yang berada di posisi ke-46.

Posisi Zuck setidaknya masih di atas CEO Apple Tim Cook yang kini berada di posisi ke-69. Tapi Tim Cook sukses menempati peringkat lebih baik mengingat tahun lalu ada di peringkat ke-96. Keduanya merupakan CEO yang selalu muncul dalam daftar ini.

Ini pertama kalinya Zuck keluar dari posisi 20 besar dalam kategori tersebut sejak Glassdoor pertama kali mengadakan survei ini pada tahun 2013. Dalam survei perdana di tahun 2013, Zuck sempat menduduki peringkat pertama.




Turunnya peringkat Zuck sepertinya bukan sesuatu yang mengejutkan. Beberapa kontroversi dan skandal yang melibatkan Facebook dalam beberapa tahun terakhir memang membuat situasi internal dilaporkan menjadi tidak kondusif.

Bahkan sebelumnya perekrut di Facebook mengakui kesulitan menggaet lulusan baru dari beberapa universitas ternama AS untuk bekerja di perusahaan itu menyusul adanya skandal Cambridge Analytica.

(vim/krs)