Kamis, 20 Jun 2019 08:18 WIB

Kunci Sukses Berbisnis Menurut Orang Terkaya Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. Foto: istimewa Jeff Bezos. Foto: istimewa
Jakarta - Berstatus orang terkaya di dunia saat ini, tentu nasihat Jeff Bezos patut didengarkan. Pemilik e-commerce raksasa Amazon itu dikenal tidak pelit membagikan tips untuk sukses.

Dalam sebuah acara di Las Vegas belum lama ini, Bezos menandaskan bahwa passion merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang ingin berhasil dalam dunia bisnis.

"Anda harus punya passion di arena yang ingin dikembangkan dan dikerjakan, karena jika tidak Anda akan berkompetisi melawan mereka yang punya passion untuk itu, mereka akan membangun produk dan layanan lebih baik," tandas pria berkepala pelontos ini.




Selain itu, pengusaha harus termotivasi terhadap misinya dan bukan uang, jangan menjadi semacam 'prajurit bayaran'. "Mereka yang punya misi membuat produk dan layanan yang lebih baik, mereka selalu menang," lanjut Bezos.

"Tentara bayaran hanya mencoba untuk menghasilkan uang dan paradoksnya, justru orang yang punya misi yang akhirnya meraup lebih banyak uang," papar dia yang dikutip detikINET dari CNBC.

Di sisi lain, menurut Bezos, seseorang yang ingin berjaya dalam bisnis juga harus mau mengambil risiko dan tidak takut gagal. Mereka harus menerima jika sebuah bisnis akhirnya tidak berhasil.

"Jika Anda punya ide bisnis dan tidak ada risikonya, berarti mungkin sudah dilakukan dengan baik sebelumnya. Jadi Anda harus punya sesuatu yang mungkin tidak sukses dan harus menerima jika bisnis Anda adalah sebuah eksperimen dan barangkali gagal," cetusnya.

Selain itu dari pengalamannya, orang yang berhasil adalah mereka yang banyak mendengar dan sering berubah pikiran. Jadi, jangan terlalu keras kepala.

"Mereka punya data yang sama yang mereka miliki pada awalnya, namun mereka bangun dan menganalisa ulang semua hal sepanjang waktu dan mereka punya kesimpulan baru kemudian mengubah pikirannya," jelas Bezos.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed