Rabu, 19 Jun 2019 22:06 WIB

Layanan Pesan Antar Pizza Pakai Mobil Otonom, Mau?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Domino's menggandeng Nuro, startup mobil otonom, untuk meluncurkan percobaan pengantaran pizza menggunakan mobil otonom, tepatnya di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Mulai akhir 2019 ini, Domino's akan menggunakan armada mobil otonom milik Nuro untuk melakukan pengantaran pizza ke sejumlah area perumahan di Houston yang memesan pizzal secara online.

Nuro sendiri adalah sebuah startup yang didirikan oleh mantan pegawai divisi mobil otonom Google. Mereka sebelumnya sudah menggunakan mobil robot R1 untuk mengirimkan belanjaan dari toko ke perumahan di Scottsdale, Arizona, dan kemudian memperluas cakupannya ke Houston.




Baru-baru ini Nuro pun mendapat suntikan dana sebesar USD 1 miliar dari SoftBank. Suntikan dana ini sendiri merupakan bukti kepercayaan terhadap startup mobil otonom yang berfokus pada pengantaran makanan ini.

Nuro pun adalah satu dari sedikit perusahaan yang sudah mengoperasikan mobil otonom secara penuh di jalanan raya. Maksudnya beroperasi penuh di sini adalah mobilnya bisa beroperasi tanpa bantuan manusia di dalam mobil.

Meski di dalam mobilnya tak ada penumpang manusia, bukan berarti mobil ini tak dipantau. Nuro menggunakan mobil lain yang berpenumpang manusia untuk mengikuti mobil otonomnya itu, dan mobil tersebut dilengkapi teknologi remote untuk memonitor semua mobil otonom yang ada.

Mobil yang dipakai oleh Nuro saat ini adalah R1, yang lebarnya hanya setengah dari sebuah mobil compact, juga lebih pendek dari kebanyakan mobil lain, dan tak mempunyai cukup tempat untuk penumpang manusia. R1 ini dalam waktu dekat bakal digantikan oleh R2.

Ada enam mobil R1 yang ada saat ini, dan Nuro berencana untuk menambah armadanya berbekal suntikan dana dari SoftBank tersebut. Mereka pun akan meningkatkan jumlah mobil otonom yang khusus untuk pengujian menjadi 50 unit. Mobil ini nantinya akan dioperasikan di jalan raya di California, Arizona, dan Texas.

Nuro sebenarnya bukan satu-satunya perusahaan mobil otonom yang digandeng Domino's. Mereka sebelumnya bekerja sama dengan Ford untuk menguji mobil otonom pengantar pizza di Michigan pada 2017.

Pengujian yang kini sudah berakhir itu dilakukan untuk melihat reaksi konsumennya ketika harus keluar dari rumah untuk mengambil pizza dari mobil otonom tersebut. Demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (19/6/2019).

Kalau di sini ada, kamu minat coba?


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed