Rabu, 19 Jun 2019 16:48 WIB

Ini 4 Kategori UMKM Incaran Blibli untuk Go International

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Platform e-commerce lokal Blibli.com menggelar ajang kompetisi wirausaha The Big Start (TBS) untuk keempat kalinya. Lewat event ini para pengusaha muda usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) ditantang unjuk kreativitas untuk memperebutkan modal usaha senilai Rp 1,3 miliar.

Terdapat empat kategori utama di kompetisi ini, yaitu kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan (KKE).

"Untuk tahun ini ada 4 kategori, fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan dan kriya. 4 hal ini berdasarkan survei kami adalah memang yang paling diminati. Bisnisnya kami harapkan ini memang gak harus baru, tapi kita inginkan komitmennya untuk berbisnis," ujar Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian saat acara konferensi pers di The MAJ Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Ada yang berbeda pada gelaran tahun ini, untuk pertama kalinya TBS tak hanya akan memberikan pendanaan, namun juga akan menghubungkan creativepreneur Indonesia dengan pasar internasional. Para peserta yang terjaring akan dibawa ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Blibli.com menargetkan beberapa international expo bersama dengan Kementerian Perindustrian di antaranya adalah pameran di beberapa negara Eropa dan Amerika.

Selain itu, Blibli.com memberikan kesempatan bagi para peserta untuk ikut serta dengan 'The Creator', proyek kolaborasi yang menyatukan creativepreneur dengan usaha yang sudah terbentuk. Hal ini bertujuan agar merek-merek milik creativepreneur lokal semakin dikenal oleh pasar. The Creator tahun ini akan menggandeng 15 merek dengan 15 influencer ternama.

Dalam penilaiannya, Blibli.com akan menggandeng 4 pakar di bidangnya untuk menjadi juri. Mereka adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Pricilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

"Siapa yang bisa masuk ke Blibli ini adalah UMKM mana yang bisa berkontribusi secara kreatif. Kita punya sebutan creativepreneur, yaitu pengusaha yang produknya inovatif dan berdampak pada sosial. Nah ajang ini adalah The Big start yang lahir sejak 2016, dan pendanaan atau funding totalnya adalah Rp 1,3 miliar," kata Andy.

Andy menambahkan, bagi para calon partisipan, ketentuan untuk usianya tak kurang dari 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Selain itu, partisipan telah menjalankan usaha minimal 2 tahun.

Ajang TBS season 4 ini mulai pada 19 Juni 2019. Blibli pun akan menyambangi tiga kota besar di Pulau Jawa dari bulan Juni sampai Agustus. Pertama, Blibli akan menyambangi Bandung pada 12-14 Juli, Yogyakarta pada 19-21 Juli dan Surabaya pada 2-4 Agustus.




Setelah para calon creativepreneur yang telah mendaftar di TBS, Blibli akan mengkurasinya menjadi top 100. Mereka akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

Selanjutnya, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif selama seminggu mengenai marketing dan branding, public speaking, financial planning, aspek hukum, dan keterampilan pemasaran lainnya. Dan akhirnya terpilih 4 creativepreneur muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha.

"Ini semua akan mereka dapatkan, baik dari segi ilmu, mereka akan mendapatkan mentor selama seminggu untuk diskusi bagaimana menjalankan bisnis untuk mencapai kesuksesan," pungkasnya.


(prf/krs)