Rabu, 19 Jun 2019 11:03 WIB

Facebook Libra Disebut Berbahaya, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Reuters Ilustrasi. Foto: Reuters
Jakarta - Libra adalah mata uang digital atau cryptocurrency yang baru saja diluncurkan Facebook. Namun belum-belum, kritikan sudah berdatangan. Libra bisa saja menjadi sarana pengintaian paling berbahaya yang dimiliki Facebook.

Reputasi Facebook soal privasi pengguna memang terganggu sejak mencuatnya skandal Cambridge Analytica, di mana data pribadi jutaan pengguna Facebook bocor. Nah, Libra dicemaskan bakal dieksploitasi oleh Facebook untuk mengintip data finansial pengguna.

"Jika Anda khawatir Facebook tahu terlalu banyak atau punya akses terlalu besar pada data pribadi, Libra akan memberikan Facebook lebih banyak lagi akses langsung ke informasi finansial Anda," klaim Phil Chen, pakar cryptocurrency yang merancang ponsel blockchain HTC.




"Bukan cuma akses pada informasi transaksi, tapi akses langsung pada kekayaan Anda. Libra adalah bentuk pengintaian paling invasif dan berbahaya yang mereka desain sejauh ini," tandasnya yang dikutip detikINET dari Independent.

Bersama Facebook, 27 perusahaan terlibat dalam proyek Libra dalam organisasi Libra Association, termasuk PayPal, Mastercard, Visa, Uber sampai Spotify. Libra diklaim membantu 1,7 miliar orang yang belum punya akses perbankan. Nantinya, user bisa download Calibra, dompet digital yang akan memungkinkan pengguna mengirimkan ke siapapun via smartphone.

Menurut George McDonaugh, co founder perusahaan investasi blockchain KR1, Libra sebenarnya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi berharga. "Facebook dan perusahaan pendukung Libra melakukan hal ini untuk satu alasan dan itu adalah data," klaimnya.

"Libra akan menjadi bank bagi yang belum punya bank, merevolusi pembayaran dan menghubungkan dunia. Tapi jangan bodoh. Langkah menuju dunia cryptocurrency ini adalah tentang data, minyak di dunia modern," papar George.

Menurut dia, Facebook melalui Libra bisa mengetahui siapa user, apa yang mereka beli, siapa yang dibayar user dan seberapa banyak uang yang dimiliki. Belum ada tanggapan dari Facebook soal kritikan tersebut.





Tonton video Mark Zuckerberg Disarankan Mundur dari CEO Facebook:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed