Selasa, 18 Jun 2019 20:18 WIB

Karyawan Jack Ma Keluhkan Sistem Kerja '10-12-6', Apa Itu?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Kabarnya ada yang lebih berat dibandingkan sistem kerja 996 yang marak di China, yaitu 10-12-6. Jika 996 berarti kerja jam 9 pagi sampai 9 malam selama 6 hari, maka 10-12-6 adalah ngantor dari jam 10 pagi sampai 12 malam selama 6 hari per minggu.

Dikutip detikINET dari Tech Node, keluhan disampaikan karyawan Ant Financial, anak perusahaan Alibaba yang dimiliki Jack Ma, dalam postingan di jejaring sosial Maimai. Tapi entah mengapa, postingan itu saat ini telah dihapus.

"Aku tidak kuat lagi di Ant Financial. Non stop 10-12-6" tulis sebuah postingan anonim. "Aku bekerja di hari libur dan juga di hari festival. Aku tergoda untuk keluar saja dan menemukan pekerjaan lain," sebut seseorang yang mengaku pegawai Ant Financial.




Waktu kerja panjang ini menurut postingan tersebut terutama ditujukan di unit bisnis inti Ant Financial. Ada pula yang menyatakan Ant Financial sering mengadakan rapat pada tengah malam.

Sebagian postingan meragukan tudingan tersebut, tapi langsung dibalas bahwa jam kerja tersebut benar-benar terjadi di Ant Financial. "Selalu 10-12-6. Apa kalian mau mencobanya sendiri?" tulis sebuah postingan.

Belum ada komentar mengenai tuduhan tersebut dari pihak Ant Financial. Yang pasti, Jack Ma adalah pendukung sistem 996 ketika beberapa waktu lalu terjadi bahasan panas soal itu.

"Secara pribadi, aku yakin adalah berkah jika bisa bekerja 996 karena banyak perusahaan dan individu yang ingin bekerja 996 tidak mendapatkan kesempatan itu," kata dia.

"Seandainya kalian tidak bekerja 996 saat masih muda, kapan kalian akan melakukannya?" kata pria yang rencananya pensiun dari Alibaba tahun ini.




"Setiap orang di dunia ingin berhasil, punya kehidupan bagus dan dihormati. Jika kalian tidak bekerja lebih lama dari yang lain untuk membuat lebih banyak usaha, bagaimana bisa kalian meraih sukses yang kalian inginkan?" tandasnya.

Ia kemudian agak memperlunak kata-katanya. "Jika kalian menemukan pekerjaan yang kalian sukai, masalah 996 tidak ada. Jika kalian tidak menyukainya, setiap menit bekerja adalah siksaan," sebut Ma.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed