Senin, 17 Jun 2019 19:44 WIB

Instagram dan Medsos Bikin Selena Gomez Depresi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Selebgram pada umumnya akan punya aplikasi Instagram terpasang di smartphone, tapi tidak buat Selena Gomez. Smartphone-nya tak terinstal aplikasi Instagram walaupun ia punya 152 juta follower.

Jumlah follower tersebut bahkan cukup memberinya predikat sebagai salah satu "ratu Instagram", meskipun masih kalah dari Ariana Grande yang saat ini memiliki 157 follower. Di lihat dari peringkat, Selena ada di posisi ketiga di belakang Cristiano Ronaldo (170 juta followers) dan Ariana Grande.

Fakta bahwa Selena tak memiliki aplikasi Instagram sendiri baru-baru ini diungkapnya ke publik dalam sebuah wawancara di acara Live with Kelly and Ryan, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (17/6/2019).




Perempuan kelahiran 1992 ini menuturkan keputusan itu karena ingin menghindari efek "berbahaya" dari media sosial (medsos). Selain itu juga agar aktivitasnya tak melulu berkecimpung di platform sosial, sehingga ia bisa beristirahat untuk menjaga kesehatan mentalnya sendiri.

"Itu menjadi benar-benar tidak sehat, saya pikir secara pribadi, bagi orang-orang muda termasuk saya, menghabiskan waktu memperbaiki semua komentar dan membiarkan hal-hal ini masuk dan itu mempengaruhi saya," kata Selena.

"Itu akan membuat saya depresi. Itu akan membuat saya merasa tidak enak tentang diri saya sendiri dan melihat tubuh saya secara berbeda dan segala macam hal," sambungnya.

Pada akhir 2018 kemarin, mantan kekasih Justin Bieber ini sempat "puasa Instagram" selama empat bulan akibat dari komentar negatif yang ia terima di platform berbagi foto dan video tersebut.

Masalah pribadi yang berhubungan dengan kesehatan mental dialami Selena yang juga cukup mempengaruhi kehidupannya, sehingga selebriti Hollywood ini mengambil kebijakan untuk rehat dari Instagram.

Setelah itu, Selena selalu menyuarakan pandangannya terkait sisi gelap media sosial ke publik. Ia pun mengimbau ke khalayak luas pentingnya membatasi waktu beraktivitas di medsos, salah satunya di Instagram.




"Saya mengatakan kepada generasi saya khususnya, media sosial benar-benar mengerikan. Itu membuatku takut ketika kamu melihat betapa tereksposnya laki-laki dan perempuan muda ini. Saya melihat mereka bertemu dan menyapa. Mereka hancur, berurusan dengan perudungan dan tidak bersuara," tuturnya.

Di samping ketakutan dan menjaga kesehatan mentalnya, Selena tetap mengakses Instagram. Tetapi itu ia lakukan secara berkala untuk login lewat ponsel orang lain guna memeriksa akunnya tersebut.


(agt/krs)