Senin, 17 Jun 2019 16:31 WIB

Harga Bitcoin Meroket berkat Facebook

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images Ilustrasi Bitcoin. Foto: Getty Images
Jakarta - 2019 sepertinya jadi tahun pemulihan buat Bitcoin. Setelah nilainya hancur-hancuran tahun lalu, kini cryptocurrency paling populer itu mulai menunjukkan tajinya seperti pada 2017 silam kala ia membukukan harga tertingginya.

Pantauan terkini menunjukkan harga Bitcoin sedang berada di atas USD 9.200, atau sekitar Rp 128 juta, per kepingnya. Meningkatnya nilai mata uang kripto ini sejalan dengan kapitalisasi pasarnya yang ikut melonjak menjadi USD 163 miliar, atau sekitar Rp 2.336 triliun.




Sudah cukup lama sejak mata uang digital itu membukukan nilai tersebut. Terakhir kali Bitcoin memiliki harga di atas USD 9.000 terjadi pada Mei 2018, atau lebih dari setahun lalu.

Usut punya usut, kabar kehadiran mata uang digital milik Facebook punya andil dalam mengatrol nilai Bitcoin. Sejumlah investor mengatakan rencana jejaring sosial itu mendorong orang-orang untuk membeli Bitcoin. Hal ini menunjukkan optimisme akan semakin meluasnya penerapan cryptocurrency di sistem keuangan arus utama.

Belum lama ini, Facebook dirumorkan akan meluncurkan mata uang digitalnya pada 18 Juni mendatang. Tanggal tersebut jauh lebih cepat dari kabar sebelumnya yang menyebut bahwa mereka baru akan meluncurkan mata uang digital secara global pada 2020.

Nantinya, mata uang digital yang disebut bakal bernama stablecoin dapat menjadi opsi bagi para pegawai Facebook sebagai bentuk pembayaran gaji mereka. Selain itu, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga menargetkan mata uang tersebut untuk digunakan di negara berkembang yang banyak penduduknya masih tidak memiliki rekening bank.




Sepanjang 2019 sendiri, harga Bitcoin sudah meningkat lebih 130%, sebagaimana detikINET kutip dari Bloomberg, Senin (17/6/2019). Walau tak identik, tren yang sama juga menimpa sejumlah mata uang digital lainnya.

Ethereum misalnya. Berdasarkan data cari CoinMarketCap, sepanjang 2019, nilainya juga sudah meroket lebih dari dua kali lipat dari USD 133 pada 1 Januari lalu menjadi USD 269 hari ini. Kemudian, peningkatan juga dapat dilihat pada Ripple, Litecoin, dan Bitcoin Cash.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed