Senin, 17 Jun 2019 12:39 WIB

Perjuangan Ibu Orang Terkaya Dunia yang Dulu Melarat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos dan ayah ibunya. Foto: istimewa Jeff Bezos dan ayah ibunya. Foto: istimewa
Jakarta - Jeff Bezos adalah anak seorang remaja single mom. Dahulu, kehidupan ibu orang terkaya dunia itu penuh perjuangan.

"Aku bisa memastikan bahwa menjadi seorang remaja yang hamil di SMA tidaklah keren di daerah Albuquerque, New Meksiko, waktu itu. Jadi memang sangat sulit baginya," kata Jeff mengenai kehidupan ibunya saat muda.

Saat melahirkan Jeff Bezos, Jacklyn Bezos baru berusia 17 tahun pada tahun 1964. Pihak sekolah awalnya mengatakan ia tak akan diizinkan untuk menyelesaikan sekolah.




"Itu tak masuk akal bagiku, jadi aku terus berjuang. Dan akhirnya sekolah mengalah, mereka mengizinkanku kembali ke sekolah dengan syarat," kata Jacklyn saat berbagi pengalamannya belum lama ini di Cambridge College.

Syarat tersebut demikian berat. Di antaranya, tidak boleh berbicara dengan murid lain, tak boleh makan siang di kantin dan tidak boleh maju ke depan saat lulus. Namun Jacklyn mampu memenuhi kondisi itu dan lulus.

Saat Bezos baru berusia 17 bulan, ia bercerai dengan suaminya, Ted Jorgensen. Jacklyn lalu bekerja sebagai sekretaris. Bayarannya USD 190 per bulan, jumlah yang kecil saat itu.

Jacklyn bisa menyewa apartemen bersama sang anak, tapi tidak bisa membayar kebutuhan lain seperti telepon. "Itulah bagaimana kami bisa tinggal di sebuah apartemen, karena aku tak perlu membayar telepon," katanya.

Ingin terus belajar, Jacklyn kuliah malam, kadang membawa Bezos ikut serta. "Aku bawa dua tas, satu untuk buku teks dan lainnya penuh popok dan botol serta benda-benda yang mungkin bisa membuat Bezos tertarik," ujar Jacklyn.

Saat kuliah itulah, Jacklnyn bertemu dengan Mike Bezos, imigran asal Kuba yang kemudian jadi suaminya. Jeff selalu menganggap Mike adalah ayah kandungnya sendiri.




Keluarga muda itu pindah dan Jacklyn tertunda kuliahnya selama bertahun-tahun. Saat Bezos kuliah, Jacklyn juga jadi bertekad kembali ke kampus. Dan dia berhasil tamat, lebih dari dua dekade dari saat dia lulus SMA, pada saat berumur 40 tahun.

Kini, perjuangan keras itu tinggal jadi kenangan. Jacklyn tinggal hidup nyaman, menyaksikan anaknya mengendalikan Amazon dan jadi orang paling berharta di muka bumi.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed