Jumat, 14 Jun 2019 16:30 WIB

Pendiri WhatsApp Bikin Kompleks Megah di Kota Tajir AS

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Jan Koum, salah satu pendiri WhatsApp, membangun sebuah kompleks megah di kota "terkaya" di Amerika Serikat (AS). Garapannya di kota tajir itu bikin Koum harus merogoh kocek sebesar USD 80 juta atau Rp 1,1 triliun.

Menurut laporan Variety yang dikutip Business Insider, Jumat (14/6/2019), Koum diketahui menghabiskan dana besar itu untuk membeli dan membangun kembali properti lahan luas di Atherton, California, AS.

Sebagai informasi, Atherthon mendapat predikat kota terkaya di negeri Paman Sama selama tiga tahun berturut-turut, di mana pendapatan rumah tangga di kawasan sana rata-rata USD 450.696 atau Rp 6,4 miliar pada 2017.




Disebutkan bahwa Koum mengonfigurasi kompleks dengan uang USD 57 selama empat tahun untuk memperoleh dan merenovasi lima rumah di Artherton. Kemudian mengeluarkan USD 20 juta untuk menggarap dua rumah besar dengan garasi terpisah yang luasnya bisa sampai 10.000 kaki persegi.

Padahal, Koum sendiri telah memiliki rumah senilai USD 8,8 juta di area yang sama sejak 2015. Jarak dengan kompleks baru yang dibangunnya ini sekitar satu mil dengan rumahnya.

Sedangkan Atherton dapat dijangkau dari San Francisco selatan selama 45 menit atau 20 menit dari markas Facebook, Google, maupun Tesla.




Selain Koum, Atherton juga bikin kepincut miliarder Silicon Valley, seperti mantan CEO HP Meg Whitman dan mantan Executive Google eric Schmidt.

Kekayaan Koum salah satunya berasal dari hasil penjualan WhatsApp ke Facebook USD 19 miliar pada 2014. Ia lalu bergabung dengan dewan direksi perusahaan. Setelah kesepakatan tersebut, ia menjual lebih dari USD 7,1 miliar saham Facebook dan menjalani kehidupan yang nyaman di Silicon Valley.

Pada akhirnya, Koum meninggalkan keluarga besar Facebook pada 2018. Kepergian Koum ini diisukan terkait dengan masalah Facebook dengan privasi data pengguna.



(agt/krs)