Rabu, 12 Jun 2019 15:00 WIB

Peran Perempuan di Balik Kiprah dan Pencapaian Grab

Robi Setiawan - detikInet
Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi/Foto: Grab Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi/Foto: Grab
Jakarta - Salah satu pencapaian Grab belum lama ini adalah menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara. Di balik sukses itu sosok perempuan pegang peranan yang sama sekali tak kecil, khususnya untuk Grab Indonesia.

Dikutip dari laman CNBC Indonesia pada Rabu (12/6/2019), Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi bahkan mengungkapkan secara regional 40% karyawan Grab adalah perempuan.

"Di Indonesia, pemimpinnya perempuan. GrabBike, GrabCar, GrabExpress, Procurement, HR, semuanya perempuan. Perempuan di Grab canggih, ini semua orang Indonesia," ungkap Neneng.




Neneng mengakui perusahaan yang mau berbeda apalagi ditambah dengan banyaknya perempuan, membuat perusahaan tersebut memiliki kemampuan yang tinggi.

Walaupun peran perempuan cukup besar, ia menyebut tak ada perlakuan khusus dari sisi aturan kerja di Grab. Begitu pun terhadap laki-laki.

"Kita tidak pernah melihat perempuan atau laki-laki. Kita merekrut itu berdasarkan kompetensinya," katanya.




Walaupun tidak ada perbedaan dari sisi aturan, menurutnya Grab sangat fokus terhadap keselamatan. Ini buat perempuan sangat penting, baik itu untuk penumpang atau driver.

"Kita fokus keselamatan untuk semua. Karena itu adalah yang nomor satu. Kita melakukan banyak hal untuk keselamatan seperti fitur selfie, CCTV, itu sudah menjadi satu hal yang kita fokuskan," ujarnya.


(ega/krs)