Selasa, 11 Jun 2019 08:10 WIB

AI Bisa Prediksi Wajah Seseorang Hanya dengan Suara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Gizmodo Foto: Gizmodo
Jakarta - Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bisa digunakan untuk berbagai macam tugas. Kini peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengembangkan AI yang bisa menebak wajah seseorang hanya dari suaranya.

Dilansir detikINET dari Gizmodo, Selasa (11/6/2019) hasil penelitian ini diterbitkan dalam makalah yang berjudul Speech2Face: Learning the Face Behind a Voice. Peneliti melatih AI ini dengan menggunakan jutaan video dari YouTube dengan lebih dari 100.000 pembicara yang berbeda.



Dari dataset tersebut mereka menciptakan model yang berbasiskan jaringan neural yang telah mempelajari atribut vokal yang terkait dengan fitur wajah tertentu dari video.

Kemudian, setelah mendengar cuplikan suara baru, AI tersebut dapat menggunakan apa yang telah ia pelajari untuk menebak seperti apa wajah dibalik suara tersebut.

Hasil prediksinya memang tidak tidak sama persis dengan pemilik suara aslinya. Tapi sistem ini bisa menghasilkan foto wajah seseorang dengan ekspresi yang netral dan gender, ras serta umur yang cukup akurat.



Tim peneliti yang dipimpin oleh mahasiswa postdoctoral Tae-Hyun Oh ini memang tidak bertujuan untuk menebak identitas sebenarnya dari pemilik suara tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya pelanggaran privasi.

Tapi, mereka tetap berharap AI ini tetap memiliki kegunaan, seperti misalnya untuk memperlihatkan wajah yang representatif berdasarkan suara pembicara terutama untuk panggilan telepon. (vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed