Sabtu, 08 Jun 2019 10:39 WIB

Cerita Lebaran Pemuda Asal Cirebon di Markas Apple

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: dok. pribadi Foto: dok. pribadi
Jakarta - Perayaan Idul Fitri tahun ini terasa berbeda bagi Maulana Rizal Hilman. Untuk kali pertama dalam hidupnya, dia harus berlebaran jauh dari keluarga yang ada di kampung halamannya, Cirebon.

Pria yang kerap disapa Rizal ini harus merayakan Idul Fitri di California, AS lantaran dia harus menghadiri ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2019 setelah menerima beasiswa Apple.

Cerita Lebaran Pemuda Asal Cirebon di Markas Apple Foto: dok. pribadi


"Sedih sih, kayak ada yang kurang. Maaf-maafan lewat telepon dengan keluarga di kampung," kata Rizal yang dihubungi detikINET.



Idul Fitri di AS sendiri jatuh pada 4 Juni. Rizal beserta 8 orang rombongan WWDC dari Tanah Air melaksanakan sholat Ied dan berlebaran di Wisma Indonesia KJRI San Fransisco.

Cerita Lebaran Pemuda Asal Cirebon di Markas Apple Foto: dok. pribadi


"Ketemu banyak orang Indonesia, salah satunya pak Fauzi Bowo. Habis halal bihalal ada makan-makan Indonesia, ada rendang sama ketupat," cerita Rizal.

Pemuda berusia 21 tahun ini sempat menuturkan pengalamannya saat mengikuti WWDC 2019. Dia merasa sangat beruntung bisa hadir dalam ajang tahunan yang digelar Apple ini.

"Banyak banget pengalaman luar biasa. Hari pertama kita dapat hadiah jaket, kaos, dan badges pin gitu. Terus siangnya ada kaya party opening gitu, kami bisa ngobrol langsung sama Apple engineer, ketemu orang-orang Apple-nya, kenalan sama teman-teman baru," tutur Rizal.

Cerita Lebaran Pemuda Asal Cirebon di Markas Apple Foto: dok. pribadi


Kekagumannya pun berlanjut saat mengikuti sesi keynote WWDC 2019. Selain bisa melihat langsung Tim Cook beserta para petinggi Apple lainnya di atas panggung, Rizal pun dibuat terkesan dengan inovasi-inovasi yang ditampilkan perusahaan pembuat iPhone itu.

Cerita Lebaran Pemuda Asal Cirebon di Markas Apple Foto: dok. pribadi


"Yang paling saya suka itu ARKit 3, MLKit 3, Voice controll buat disabilitas, AppKit sama SwiftUI," ujar Rizal.



Alumni SMK Informatika Al Irsyad, Cirebon, Jawa Barat ini masih menyimpan harapan dapat bertemu dan foto bareng dengan Tim Cook di hari-hari terakhir WWDC. Pasalnya CEO Apple itu menjadi salah satu tokoh yang diidolakannya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed