Kamis, 06 Jun 2019 21:21 WIB

Kritik Pedas Mantan Teman Kuliah pada Zuckerberg

Fino Yurio Kristo - detikInet
Mark Zuckerberg. Foto: Justin Sullivan/Getty Images Mark Zuckerberg. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
London - Mantan rekan Mark Zuckerberg menyerang sang pendiri Facebook dengan kritikan tajam saat hadir di parlemen Inggris. Dia adalah Aaron Greenspan, kawan sekampus Zuck semasa masih kuliah di Harvard.

Greenspan mengenal Zuck di tahun 2003 dan pernah mengklaim ialah sebenarnya yang menemukan Facebook. Pada tahun 2009, perselisihannya dengan Zuck soal salah satu fitur Facebook selesai dengan pembayaran sejumlah uang kepadanya.

Dikutip detikINET dari Metro, Greenspan awal tahun ini mempublikasikan laporan yang mengklaim bahwa sekitar 50% pengguna aktif Facebook bulanan adalah palsu, bukan orang nyata. Angka yang jauh lebih tinggi dari yang diakui Facebook.


Kepada para anggota parlemen Inggris, Greenspan menyatakan pengiklan pun sebenarnya tidak tahu persis seberapa efektif kampanye mereka di Facebook yang menjangkau user sebenarnya. Selain itu, marak pula beragam informasi tidak benar alias hoax.

Ia juga mengkritik Zuck yang enggan menghadiri dengar pendapat di Inggris ataupun Kanada. "Jelas bahwa Mark tidak berniat muncul di sini atau Kanada atau di manapun ketika pertanyaan serius akan diajukan," tandasnya, menambahkan bahwa Zuck mungkin tak dapat menjawab dengan baik.

Kondisi Facebook saat ini menurutnya sudah susah diperbaiki. "Dengan mendesain platform seperti yang dilakukannya, Zuckerberg menciptakan zona yang tak bisa 'ditinggali' yang terpolusi disinformasi dan seperti radiasi, tidak mungkin dibalikkan keadaannya," ucap dia.

Belum ada tanggapan dari Facebook soal pendapat Greenspan itu. Bulan lalu, Facebook mengestimasi persentase akun palsu adalah sekitar 5% dari seluruh jumlah pengguna aktif bulannya di dunia, tidak seperti klaim Greenspan.

(fyk/fyk)