Senin, 03 Jun 2019 18:51 WIB

Penentuan Lebaran, #SidangIsbat Jadi Trending di Twitter

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Logo Twitter. Foto: 9to5mac Logo Twitter. Foto: 9to5mac
Jakarta - Malam ini, pemerintah melalui Kementerian Agama menjalankan sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1440 H, atau hari pertama lebaran. Hal ini ternyata langsung disambut antusias oleh netizen di media sosial.

Di Twitter, tagar #SidangIsbat langsung memuncaki daftar trending topic di Indonesia. Isi tweet-nya pun beragam. Ada yang lucu-lucu, ada juga yang malah galau.


Sejumlah pengguna Twitter menyebut kalau lebaran jatuh pada esok hari, maka yang sibuk adalah para ibu. Hal tersebut tentunya merujuk pada persiapan yang harus dilakukan jelang lebaran, mulai dari belanja hingga menyiapkan masakan.

Kemudian, ada yang malah menulis kicauan bernada galau. Laki-laki maupun perempuan pun sama saja, ada yang mencoba meminang dan ada juga yang berharap dipinang.

Yang jelas, dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan PBNU, kompak menentukan bahwa 1 Syawal 1440H jatuh pada 5 Juni 2019, alias lusa. Keduanya sudah pasti menggenapkan puasa di bulan Ramadhan menjadi 30 hari.

Hal senada pun juga diumumkan oleh Kementerian Agama pada penutup sidang isbat. Pemimpin sidang, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan bahwa berdasarkan pantauan hilal belum tampak sehingga Idul Fitri 1440H akan jatuh pada Rabu (3/6/3019).










(mon/afr)