Rabu, 29 Mei 2019 22:37 WIB

Ini Solusi Grab jika Susah Cari Driver Saat Libur Lebaran

Akfa Nasrulhaq - detikInet
Foto: Instagram @grabid Foto: Instagram @grabid
Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, umumnya masyarakat melakukan tradisi bersilaturahmi ke kampung halamannya alias mudik. Dengan banyaknya perpindahan populasi tersebut, maka tentu akan adanya pergeseran dari segi ekonomi dan bisnis, termasuk layanan transportasi online.

Menanggapi hal tersebut, Grab memastikan melakukan sejumlah persiapan. Hal ini dilakukan untuk tetap bisa bisa memberikan layanan yang optimal bagi penggunanya.

Pada saat libur lebaran ada kemungkinan mitra driver akan berkurang karena mudik dan libur. Sementara permintaan untuk Grab diprediksi akan tetap banyak.

"Memang ini hal yang unik ya, kita baru mempelajari hal ini sejak kita melayani teknologi transportasi. Pada saat lebaran, kebutuhan transportasi di Jakarta itu sangat tinggi," ujar Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata kepada wartawan di daerah Cilandak, Rabu (29/5/2019).




Ridzki menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yang pertama tentu mengimbau bagi driver yang setidaknya tidak mesti mudik, bisa tetap siaga di ibu kota.

"Tentunya kita melakukan beberapa hal di sini, pertama adalah melakukan imbauan kepada mitra pengemudi yang memang belum bisa mudik pada hari-H lebaran, supaya bisa melayani para penumpang. Tidak ada paksaan sih, karena ini bebas hanya imbauan," ujar Ridzki.

"Kedua, kita memberikan info-info kepada mereka area mana di tahun sebelumnya yang kekurangan driver, sehingga bisa lebih fokus ke daerah tersebut. Bagaimana pun juga, pasti ada pertimbangan lah," imbuhnya.

Video: Grab Buka Suara soal Kenaikan Tarif Ojek Online

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, ada juga layanan multicity, yang merupakan solusi bagi driver agar tetap bisa melakukan mudik sambil juga melayani penumpang. Melalui fitur ini, mitra pengemudi dapat mengambil order di luar daerah asalnya.

"Tapi harus daftar, tidak bisa sembarang juga karena nanti bisa berantakan. Buat pelanggan juga dibutuhkan, buat driver juga ya mudik tidak cuma buang-buang duit, tapi bisa menghasilkan juga," ujar Ridzki.




Sementara itu, Head Of Grab Car Driver Comunity Management Bobby Silalahi mengatakan tahun ini Grab telah memantapkan fitur multi city driver bagi mitra pengemudi GrabCar. Hal ini akan membantu menyelesaikan pergeseran supply dan demand selama mudik Lebaran.

"Inovasi kita juga ini bisa multi city driver. jadi misal dia orang Jakarta asli Jogja dia bisa aktifkan di Jogja. Pas demand-nya di Jogja, ada orang Jakarta juga yang membantu supply di sana," ujar Bobby.

Bobby menambahkan, fitur ini pertama kalinya beroperasi pada mudik tahun ini setelah dilakukan uji coba pada masa mudik tahun lalu. Oleh karenanya, tahun ini fitur ini lebih siap untuk dimanfaatkan oleh mitra pengemudi.

"Tahun ini lebih mantap, kita buka ke semua driver kita sekarang sudah bisa pulang bisa mengaktifkan fitur multicity ini. Jadi kalau silaturahminya kelar dia bisa narik di kampung halamannya," ucapnya.


(idr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed