Perjuangan Pemuda Lulusan SMK Cirebon Sabet Beasiswa Apple - Halaman 3

Perjuangan Pemuda Lulusan SMK Cirebon Sabet Beasiswa Apple

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 29 Mei 2019 21:08 WIB
Halaman ke 3 dari 3
Perjuangan Pemuda Lulusan SMK Cirebon Sabet Beasiswa Apple
Foto: dok. pribadi

Selang setahun lulus dari SMK Informatika Al Irsyad, Rizal berkesempatan masuk ke Apple Developer Academy @BINUS yang ada di BSD City, Tangerang Selatan. Seperti meraih beasiswa WWDC, tidak mudah untuk masuk ke sana, perlu usaha yang juga keras.

Kata Rizal dia harus melewati tes pengetahuan dasar secara online. Ada pun soalnya terkait soal pemprograman, desain dan bisnis. Begitu lolos, selanjutnya akan ada sesi interview dengan pihak Apple. Mereka akan menghubungi kalau kita berhasil masuk.

Rizal masuk Apple Developer Academy (ADA) pada Juni 2018 dan lulus pada Maret 2019. Selama itu begitu banyak ilmu dan pengalaman yang direguknya.

Menurutnya ADA menyodorkan pola belajar yang berbeda, memakai challenge base learning dan berkelompok. Para peserta rutin diberikan tantangan membuat proyek yang dikerjakan bersama. Ini tidak hanya melatih kemampuan, tapi juga team work.

Pola pikirnya pun dirasa makin terasah. Sebab ADA menyodorkan ragam masalah yang harus dicari solusinya oleh para peserta. Selain itu kemampuan public speaking dinilainya bertambah baik.

"Setiap habis selesai bikin proyek, kami harus presentasi ke orang-orang Apple," beber Rizal.

Tapi masuk ADA membutuhkan komitmen yang besar. Sebab proses belajarnya selama 9 bulan penuh dan masuk setiap hari.

"Komitmen harus dimatangkan sebelum bergabung. Agak sayang kalau di tenah jalan berhenti karena kesibukan kita sendiri," tegasnya,

Rizal dan teman-temannya di Apple Developer Academy.Rizal dan teman-temannya di Apple Developer Academy. Foto: dok. pribadi

Dalam kesempatan ini Rizal pun membagikan pengalamannya bisa lolos ADA.

= Membuat CV yang menarik, menerangkan semua kelebihan dan nilai plus kamu. Jika ada portfolio aplikasi disarankan sekali untuk disertakan saat pengajuan

- Apple meminta menulis esai 300 kata. Disarankan menulis semua keinginan kamu dan potensi diri.

- Sebaiknya membaca kembali materi soal programing, seperti algoritma, desain, UI dan lain-lain sebelum tes.

- Terakhir saat sesi interview jangan telat, selalu aktif.



(afr/krs) (afr/krs)