Selasa, 28 Mei 2019 07:03 WIB

5 Rekomendasi Aktivitas Liburan yang Jauh dari Gadget

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Libur panjang Lebaran seharusnya digunakan memperkuat ikatan persaudaraan dengan keluarga, dan kesempatan untuk 'puasa' gadget.

Dalam hal menghabiskan quality time bersama keluarga terdekat, ternyata masyarakat Indonesia hobi mengandalkan momen liburan untuk memperkuat ikatan persaudaraan. Menurut laporan Family Travel Trends 2018, 81% orang Indonesia bepergian bersama dengan keluarga inti dalam setahun, 54% diantaranya mengajak kakek-nenek dan cucu untuk ikut serta dalam perjalanan.

Dari segi frekuensi, rata-rata orang Indonesia berlibur lima kali dalam setahun terakhir, jauh lebih sering dibandingkan orang Inggris yang hanya melakukan satu kali liburan keluarga. Menariknya, motivasi utama wisatawan Indonesia dalam berlibur adalah karena ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga (68%).

Berikut adalah lima aktivitas liburan keluarga agar tak melulu menghabiskan waktu dengan bermain gadget.

Memasak bersama
Lebaran dan ketupat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Menjelang hari raya, anggota keluarga bisa bergotong-royong untuk memasak berbagai menu khas Lebaran bersama-sama. Ketupat yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda akan semakin lengkap jika ditemani oleh hidangan opor, rendang, ataupun gulai.

Tidak hanya sesi makan bersama yang membuat bahagia, proses memasak bersama dengan keluarga juga menjadi momen yang berkesan.

Membuat parcel atau kue kering untuk kerabat
Saling berkirim parcel dan kue kering merupakan tradisi Lebaran yang sangat kental di Indonesia. Tidak hanya untuk keluarga besar, biasanya, parcel dan kue kering juga menjadi hantaran manis ketika singgah ke rumah tetangga, teman-teman, atau kerabat bisnis.

Tahun ini, tidak ada salahnya mengisi quality time di rumah dengan bersama-sama membuat parcel dan kue kering. Tentu hadiah yang dibuat sendiri akan memiliki nilai personal yang lebih tinggi, dibandingkan membeli dari pihak ketiga. Proses pembuatannya pun dijamin akan terasa seru dan hangat ketika dilakukan dengan bapak, ibu, saudara, sampai sepupu terdekat.

Bermain bersama
Momen berkumpul bersama dengan keluarga besar hanya terjadi sekali setahun. Oleh karena itu, gunakan waktu yang berharga ini untuk bermain dan bersenang-senang. Untuk menjembatani jarak antara generasi tua, muda, dan yang kecil, pilih permainan seru yang dapat dilakukan oleh semua orang, seperti tebak gambar atau monopoli.

Olahraga ringan
Untuk menghabiskan liburan sambil menjaga kebugaran, ada baiknya melakukan olahraga bersama saat sedang kumpul keluarga. Senam poco-poco, bermain voli, ataupun yoga bersama, bisa dilakukan sambil mengisi waktu liburan. Kuncinya, pilihlah akomodasi penginapan yang luas, privat, dan fleksibel, seperti villa. Berbagai villa di Indonesia telah dilengkapi fasilitas lengkap seperti lapangan olahraga, taman, hingga kolam renang untuk berenang beramai-ramai.

Di aplikasi Traveloka, pengguna dapat memfilter fasilitas yang mereka inginkan, sehingga bisa memilih villa dengan lebih cepat. Bahkan, pengguna juga dengan mudah dapat mengaktifkan filter 'family-friendly', sehingga Traveloka hanya akan menampilkan pilihan akomodasi ramah anak, yang didukung dengan fasilitas entertainment untuk segala usia.

Villa menjadi salah satu akomodasi liburan yang paling populer di kalangan keluarga Indonesia. Penelitian "Travel and Tech Study" yang melibatkan 16.000 responden usia 18 hingga 64 dari 15 negara, menunjukkan sebanyak 37% responden Indonesia memilih tipe akomodasi villa untuk menginap bersama keluarga. Dengan menginap di villa, keluarga bisa lebih bebas untuk beraktivitas dan berkumpul di bawah satu atap, sehingga quality time benar-benar dapat terasa.

Berlibur ke tempat wisata
Momen mudik Lebaran bisa dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat wisata bersama keluarga. Selain menambah kedekatan, hal ini juga penting untuk menyegarkan kembali otak dan pikiran yang telah bekerja keras selama setahun penuh. Tidak perlu berwisata jauh-jauh, karena Indonesia pun memiliki banyak sekali spot-spot menarik yang dapat dikunjungi, mulai dari pantai, taman, museum, sampai wahana rekreasi.

Supaya tidak repot mengurus transportasi untuk semua anggota keluarga, pilihlah lokasi villa strategis yang mudah dijangkau dan dekat dengan tempat-tempat wisata. Misalnya, jika ingin menginap di pinggir pantai Kuta, pengguna Traveloka bisa memanfaatkan fitur "Hotel near pantai Kuta", sehingga mereka akan mendapatkan pilihan akomodasi dengan jarak radius terdekat. Ini tentu memudahkan keluarga karena hanya perlu berjalan kaki untuk bisa berwisata bersama-sama.

Traveloka mengerti betapa pentingnya arti quality time bagi wisatawan Indonesia yang hendak berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, pada tanggal 25 Mei hingga 5 Juni 2019, terdapat promo hotel selama Lebaran, dimana pengguna bisa mendapatkan potongan harga 10% untuk pemesanan paket hotel dan akomodasi. Promo spesial ini berlaku untuk pemesanan via aplikasi dengan minimum transaksi sebesar Rp2,5 juta. (asj/asj)