Sabtu, 18 Mei 2019 11:00 WIB

Jack Ma: Jadi Pengusaha Harus Tangguh, Ditolak Hal Biasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Paris - Jack Ma kembali menebar nasehat dalam kunjungannya di Paris. Pendiri raksasa e-commerce Alibaba itu menegaskan jadi entrepreneur atau pengusaha harus berbekal ketangguhan dan jangan takut ditolak.

"Sebagai entrepreneur, kalian harus terbiasa ditantang. Terbiasa dibilang tidak oleh orang lain, oleh investor, oleh konsumen, oleh orang-orang," kata Ma yang dikutip detikINET dari CNBC.

Penolakan seharusnya dianggap sebagai sebuah kesempatan. Justru untuk membuktikan sebuah visi atau layanan memang bermanfaat.


"Kalau semua orang sudah yakin, justru tidak ada kesempatan. Jika hanya sedikit orang percaya, kamu juga mempercayainya, buktikanlah. Itulah kesempatan kalian," tandasnya.

Saat memulai Alibaba pada tahun 1999, Ma mengklaim ia dan tim tidak punya apa-apa. Itu seharusnya menjadi inspirasi bagi orang yang ingin mengembangkan usaha.

"Aku berbicara pada 18 pendiri dan satu hal yang kami ingin buktikan. Jika Jack Ma dan timnya bisa sukses, 80% orang di dunia bisa juga sukses, karena kami tak punya uang, tak punya teknologi, hampir tak punya apa-apa," kisah dia.


"Satu hal, kami percaya pada masa depan dan kami mulai melakukannya sedikit demi sedikit," lanjutnya sembari menambahkan tiap orang bisa berhasil kalau dia sungguh mencoba dengan keras.

"Orang seperti kami terbiasa dikritik. Kami terbiasa dibilang tidak. Ketika orang berkata ya, kami sungguh mengapreasiasi. Tapi mengapa orang harus berkata ya? Kalian harus membuktikan diri dulu. Tentu tak menyenangkan jika orang berkata tidak. Tapi tidurlah dengan nyenyak, bangun dan cobalah lagi," pungkas dia. (fyk/fyk)