Selasa, 14 Mei 2019 02:55 WIB

Jenius dan Baznas Kolaborasi Hadirkan Layanan Zakat Digital

Adi Fida Rahman, Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Baznas Foto: Baznas
Jakarta - Selain bantu mengerjakan tugas dan menikmati hiburan, smartphone juga dapat mempermudah berbuat amal. Hal itu pula yang mendasari Jenius dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi menghadirkan layanan zakat dan donasi secara digital.

Lewat aplikasi Jenius, masyarakat dimungkinkan membayar zakat ataupun memberikan donasi Paket Ramadan Bahagia (PRB) selama Ramadhan ini. PRB merupakan program Baznas berupa penyaluran paket sembako kepada para mustahik dalam menjalankan ibadah Ramadan dan Idul Fitri.




"Layanan zakat digital ini memiliki keunggulan yakni lebih simpel, aman, cepat, dan transparan, serta memungkinkan kami merespons dan melayani dengan lebih cepat para muzaki dan mustahik," kata Muhammad Arifin Purwakananta, Direktur Utama Baznas dalam keterangan resminya.

Pengeluaran Meningkat

Jenius melakukan riset online independen kepada penggunanya untuk mengetahui perilaku finansial mereka selama Ramadan. Hasilnya responden mengaku bahwa pengeluaran meningkat 5% - 20% sepanjang Ramadhan dibandingkan dengan hari biasa.


Sementara terkait perilaku finansial mereka selama Ramadan pada tahun lalu mengungkapkan bahwa terjadi perubahan alokasi dana untuk kebutuhan yang berbeda. Sebanyak 84% responden menggunakannya untuk berbuka puasa bersama, 81% responden menggunakannya untuk membayar zakat. Ada 71% responden menggunakannya untuk membeli takjil, 66% responden menggunakannya untuk membeli baju lebaran, 50% masih menggunakannya untuk godaan diskon Ramadhan, dan 49% menggunakannya untuk biaya mudik.

Lebih lanjut mengenai hasil riset online yang dilakukan Jenius coba melihat peroritas responden dalam berbagi di bulan Ramadhan. Mayoritas menjawab orang tua menjadi prioritas utama seseorang saat berbagi di Ramadhan, yaitu sebesar 93%. Disusul berbagi kepada yayasan sosial sebanyak 85%, berbagi kepada saudara kandung 78%, berbagi kepada orang-orang di sekitar (sopir, pramuwisma, pramubakti, dan lain-lain) sebanyak 54%, dan 47% berbagi kepada teman.


(afr/fyk)