Senin, 13 Mei 2019 06:14 WIB

Facebook Dituduh Menguping Pengguna Smartphone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Pernahkah kamu tengah membicarakan suatu topik. Ketika membuka Facebook atau Instagram, muncul iklan terkait topik yang kamu bahas.

Bila iya, kamu tidak sendiri. Ternyata banyak pengguna layanan Facebook mengalami hal demikian.


Dilansir dari laman Bright Side, Senin (13/5/2019), jurnalis bernama Tyler Mears meyakini Facebook mematai-matai pengguna. Tuduhan itu muncul setelah kemunculan dua iklan di akunnya.

Mulanya dia dan parnernya membahas soal perangkat yang membantu wanita buang air di campervan. Betapa terkejutnya dia pada keesokan harinya ketika melihat timeline Facebooknya.

Iklan perangkat yang membantu wanita buang air membanjiri akunnya. Dari sana dia merasa Facebook telah menguping pembicaraan pengguna.

Permasalahan ini ternyata menjadi topik yang aktif didiskusikan pengguna forum Reddit. Akun Gundeeep mengatakan dia dan temannya berbicara soal rencana ke Kerela, India untuk berlibur.

"Dalam beberapa waktu saya melihat iklan paket perjalanan ke Kerela di Facebook. Apakah itu sebuah kebetulan?" ujarnya.


Tidak jauh berbeda dengan cerita akun JunkPeddler. Saat makan malam bersama keluarganya, sang paman bercerita kalau mobil BMW-nya tidak menyala dan harus mengendarai Uber. Selang beberapa waktu, JunkPeddler mendapati iklan mekanik BMW sekitar daerahnya di akun Facebooknya.

Terlepas semua itu kebetulan yang aneh, belum ada bukti kuat dan investigasi soal Facebook menguping pembicaraan penggunanya. CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri sudah menyangkal jejaring sosialnya menggunakan mikrofon ponsel pengguna untuk memata-matai dan mendengarkan percakapan.

Namun banyaknya kejadian seperti di atas membuat pengguna membagikan tips mematikan izin penggunaan mikrofon layanan Facebook.

Untuk iPhone:
- Buka Settings di iPhone, gulir ke bawah hingga menemukan Facebook
- Pada opsi Microphone, geser tombol ke kiri.

Untuk Android:
- Buka Privacy
- Pilih Permission Manager
- Pilih Microphone
- Pilih Facebook
- Pilih Opsi Deny atau geser tombol ke kiri untuk menonaktifkan

Cara yang sama bisa dipakai untuk Instagram. Tapi ketika kamu menonaktifkan mikrofon, artinya saat merekam video Instagram Stories tidak akan terdengar audionya.

Pun begitu kamu bisa mengakalinya dengan merekam menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel. Baru kemudian diupload ke Instagram Stories.


Cara Facebook Perangi ''Aktor Jahat'' di Platform Mereka:

[Gambas:Video 20detik]


Facebook Dituduh Menguping Pengguna Smartphone


(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed