Kamis, 09 Mei 2019 05:03 WIB

Dari Mana Orang Indonesia Cari Informasi Smartphone Idaman?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Memilih smartphone niscaya tak bisa sembarang pilih. Apalagi kini semakin banyak vendor yang tidak hentinya terus merilis smartphone dengan berbagai keunggulan di segala segmen.

Kini semakin banyak sumber yang bisa diakses, baik secara offline maupun online, untuk mencari smartphone idaman dengan spesifikasi sesuai kebutuhan. Lantas, dari mana saja orang Indonesia mendapat informasi terkait spesifikasi smartphone idaman?

Ternyata berdasarkan hasil survei Smartphone Insights 2019 yang dilakukan Google, orang Indonesia lebih senang mencari informasi dan spesifikasi lewat situs komparasi ketimbang situs resmi milik vendor.




"Riset kami mengungkap yang paling penting itu adalah comparison site, artinya situs-situs yang compare satu sama lain. Misalnya Priceprice, atau GSM Arena yang khusus smartphone," kata Senior Industry Analyst Google Indonesia Yudistira Nugroho, di kantor Google Indonesia.

"Sayangnya untuk situs dari manufaktur itu ada di nomor tujuh secara importance ya. Jadi dianggap sedikit kurang penting," sambungnya.

Selain itu, konsumen Indonesia juga mencari tahu lebih lanjut dengan membaca review-review yang ada. Review yang dicari ini tidak hanya datang dari ahli, tapi juga dari pengguna lainnya.




Tidak hanya review dalam bentuk tulisan, calon pembeli smartphone juga semakin banyak yang mencari rekomendasi lewat YouTube. Hasil pencarian dengan kata kunci "review" di YouTube pun naik hingga 40% pada tahun 2018.

Yudistira mengatakan hal ini dipicu oleh semakin banyaknya kreator konten yang spesialisasinya adalah gadget. Konten yang mereka unggah pun semakin beragam dan spesifik.

"Bukan hanya smartphone yang mahal yang di-review tapi smartphone yang murah juga. Terus ada unboxing. Terus ada review yang untuk orang yang tech savvy banget," pungkasnya.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed