Senin, 06 Mei 2019 15:50 WIB

Tim Cook Sebut Privasi Digital Kini Sudah Tahap Krisis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - CEO Apple Tim Cook menilai privasi data pengguna di ranah digital atau online sudah masuk tahap krisis. Pernyataan itu tak lepas dari sempat dikritiknya perusahaan teknologi seperti Facebook dan Google terkait penanganan data pengguna.

"Privasi itu sendiri telah menjadi krisis. Ini telah mencapai proporsi tersebut -- sebuah krisis," kata Cook dalam wawancara dengan ABC News, seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (6/5/2019).

Cook mengatakan bahwa saat ini sudah terlalu banyak informasi pribadi yang beredar di internet. Hal itu membuat privasi menjadi isu yang penting untuk dibahas.




Pria berkacamata ini juga menegaskan bahwa Apple tak seperti kedua perusahaan tersebut, yang memanfaatkan data pengguna sebagai sumber pendapatan dari iklan. Ia mengatakan bahwa Apple tak melihat konsumennya sebagai produk dan menjamin keamanan data mereka.

"Kalian (konsumen) bukanlah produk kami. Produk kami adalah iPhone dan iPad," kata Cook.

"Kami menghargai data kalian. Kami ingin membantu kalian untuk menjaganya tetap privat dan aman," sambungnya.




Cook kemudian ditanya tentang kerjasama Apple dengan Google, yang kebijakannya tentang pengumpulan data pengguna pernah menjadi perhatian. Membela kerjasama itu, ia juga menyebut bahwa Google memiliki browser terbaik.

Tapi walaupun saat ini ia menyebut privasi sedang dalam krisis, Cook mengatakan bahwa isu tersebut tetap dapat diselesaikan. Ia juga menekankan bahwa perusahaannya bisa menjadi sekutu bagi konsumen yang ingin memperjuangkan keamanan data mereka.

"Dan kita hanya perlu, seperti yang telah kita lakukan sebelumnya, ketika kita berkumpul bersama, apa yang bisa kita lakukan sangat lah menakjubkan," pungkasnya.


(vim/krs)