Senin, 06 Mei 2019 14:00 WIB

Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps

Kris Fathoni W - detikInet
Foto ilustrasi Google Maps (Photo by NESA by Makers on Unsplash) Foto ilustrasi Google Maps (Photo by NESA by Makers on Unsplash)
Jakarta - Paling tidak dalam dua hari terakhir, ada kehebohan tersendiri di Google Maps. Tepatnya dikarenakan keberadaan "Istana 'Presiden' Republik Kertanegara" yang merujuk ke titik kediaman calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Rumah kediaman Prabowo Subianto yang terletak di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu pada dasarnya sudah lama muncul di Google Maps, sebagaimana lokasi-lokasi lain pada umumnya.

Yang lantas bikin heboh adalah lokasi rumah di Jalan Kertanegara IV itu kini diketahui memiliki penyebutan "Istana 'Presiden' Republik Kertanegara" dan bahkan sempat ada yang menamai "Istana Pleciden Kertanegara". Selain itu, di jalan yang sama, ada pula titik lokasi lain yang menyatakan wilayah itu sebagai "Republik Kertanegara".

Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps
Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps


Sebagai informasi, rumah di Kertanegara acapkali dijadikan Prabowo sebagai tempat berkegiatan politik -- selain kediamannya di Hambalang. Di depan rumah yang berada di Jalan Kertanegara IV itu pula Prabowo mendeklarasikan kemenangan dalam Pilpres 2019 usai hari pencoblosan, walaupun sebagian besar hitung cepat (quick count) mengunggulkan capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi).

Mengingat data Google Maps juga lazim digunakan oleh layanan ojek online (ojol), maka kehadiran "Istana Presiden Kertanegara" dan nama-nama lain semacamnya pun ikut muncul sebagai titik antar/jemput di aplikasi ojol. Ini pun sempat ramai jadi bahasan.




Menilik nama penyebutan itu sendiri, pada dasarnya nama lokasi maupun rincian informasi sebuah tempat di dalam Google Maps memang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyesuaian atau perubahan.

Dalam hal "Istana 'Presiden' Republik Kertanegara", misalnya, akan ada opsi "suggest an edit" atau "mengusulkan perubahan".

Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps

Memilih "suggest an edit" bakal memunculkan opsi lain yakni "mengubah nama atau rincian lain" untuk perubahan seperti nama tempat dan lokasi, dan "menghapus lokasi tersebut" jika lokasi di peta tak lagi aktif, ada duplikasi, atau malah sudah tak eksis. Walhasil perubahan pada "Istana Presiden Kertanegara", sebagaimana tempat lain pada umumnya di Google Maps, memang masih memungkinkan terjadi sesuai dengan usulan/masukan dari pengguna.


Heboh 'Istana Presiden Kertanegara' di Google Maps
(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed