Senin, 06 Mei 2019 13:27 WIB

Grab Ungkap Negara Asia Tenggara Paling Doyan Minum Bubble Tea

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Bubble tea menjadi minuman yang disukai oleh masyarakat Asia Tenggara. Grab bahkan mencatat jumlah penikmatnya tumbuh 12.000% di 2018 lewat layanan GrabFood. Lantas negara manakah yang paling doyan dengan minuman manis ini?

Dalam paparan yang diterbitkan akhir April 2019, Grab menunjukkan rata-rata masyarakat Asia Tenggara mengonsumsi 4 gelas bubble tea setiap bulannya. Untuk negara yang paling banyak mengonsumsi bubble tea, Thailand menduduki peringkat pertama.

"Konsumen di Thailand menjadi konsumen dengan rata-rata konsumsi bubble tea tertinggi dengan jumlah 6 gelas bubble tea per orang setiap bulannya," tulis Grab dalam situs resminya yang dikutip detikINET, Senin (6/5/2019).




Selain Thailand, masyarakat Filipina juga termasuk yang paling banyak mengonsumsi bubble tea. Orang-orang di sana rata-rata meminum 5 gelas per bulan. Sementara orang Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Vietnam sama-sama mengonsumsi 3 gelas per bulan.

Grab Ungkap Negara di Asia Tenggara yang Doyan Minum Bubble TeaFoto: Dok. Grab

Sementara dari pertumbuhan pesanannya, Malaysia memiliki peningkatan lebih dari 250% selama Mei hingga Desember 2018. Di periode yang sama, Singapura dan Vietnam punya pertumbuhan masing-masing lebih dari 700% dan lebih dari 1.500%. Grab juga mencatat pertumbuhan 3.000% di Filipina selama Juni hingga Desember 2018.

Sedangkan di periode Januari-Desember 2018, Indonesia tercatat lebih tinggi pertumbuhannya dibandingkan Thailand. Negeri Gajah Putih itu memiliki pertumbuhan lebih dari 3.000% sementara Indonesia lebih dari 8.500%.




Para penikmat bubble tea di Indonesia didominasi dari kawasan Jabodetabek. Sedangkan untuk Malaysia dari Klang Valley, Thailand dari Bangkok, sementara Singapura hampir merata.

(prf/krs)