Selasa, 30 Apr 2019 20:23 WIB

Tentang Pendiri Minecraft yang 'Ditendang' Microsoft

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Markus Persson adalah orang yang ada di balik penciptaan game populer Minecraft. Kini, ia malah tak dibolehkan hadir dalam acara perayaan 10 tahun Minecraft. Apa sebabnya?

Adalah Microsoft yang melarang Persson untuk hadir di acara tersebut, dan Microsoft pun memang sudah memilih untuk menjauhkan sosok Persson dari game populer tersebut. Pasalnya Microsoft tak mau dianggap Persson adalah bagian dari Microsoft atau pun Minecraft.

"Komentar dan opininya tak merefleksikan Microsoft atau Mojang dan bukan perwakilan dari Minecraft," ujar juru bicara Microsoft.




Komentar yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah bermacam pernyataan yang dilontarkan Persson lewat akun Twitter @notch. Ia dianggap sering melontarkan pernyataan kontroversial tentang berbagai hal, dari bermacam teori konspirasi sampai isu transgender.

Acara perayaan 10 tahun Minecraft itu diselenggarakan oleh Microsoft, karena Microsoft adalah pemilik Minecraft. Persson menjual game tersebut ke Microsoft pada 2014 senilai USD 2,5 miliar, yang membuatnya langsung menjadi seorang miliuner.

Setelah menjual game tersebut ke Microsoft, Persson benar-benar putus hubungan dari Minecraft, termasuk pengembangan lebih lanjut dari game tersebut, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (30/4/2019).


(asj/krs)