Selasa, 30 Apr 2019 10:15 WIB

Apple Music Keok, Spotify Tembus 100 Juta Pelanggan Berbayar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 217 juta pelanggan aktif bulanan di secara global, di mana 100 juta di antaranya adalah pelanggan premium alias berbayar.

Perolehan pertumbuhan pelanggan premium ini mencapai 32% dari tahun ke tahun. Sementara itu, secara global, jumlah pelanggan layanan musik streaming asal Swedia ini didukung dua juta pelanggan tambahan dari India yang baru saja diluncurkan pada Februari kemarin.




Berbicara pelanggan premium, dibanding dengan kompetitornya, Apple Music hanya setengahnnya. Terhitung sejak April lalu, pelanggan premium Apple Music hanya 50 juta saja.

Kendati begitu, di pasar Amerika Serikat, Apple Music justru menguasai dengan unggul tipis sebesar 28 juta pelanggan, sedangkan Spotify 26 juta.

Dikutip dari The Verge, Selasa (30/4/2019), penghasilan terbaru Spotify ini semakin menjelaskan target perusahaan dalam mengambil alih layanan podcasting. Perusahaan tersebut bermaksud untuk mengembangkan model iklan yang lebih baik untuk siaran podcast, seperti mencakup soal penargetan, pengukuran, dan kemampuan pelaporan.

Hal itu untuk menunjukkan Spotify mengembangkan agar para produsen podcast dapat menempatkan iklan yang diputar selama mendengarkan yang didukung iklan.

Belum lama ini, perusahaan baru saja mengakuisisi perusahaan podcasting GImlet Media, Anchor, dan Parcast, dengan sekarang menawarkan seperempat juta judul podcast pada platformnya.

Pada akhir kuartal ini, Spotify menyebutkan akan memiliki 222 juta - 228 juta, termasuk di antaranya 107 juta - 110 juta merupakan pelanggan berbayar.




Mirisnya kala pelanggan premium bertambah, Spotify masih merugi sebesar 142 juta Euro atau USD 158,3 juta pada trisemester awal. Kerugian tersebut hampir sama pada tahun lalu yang mencapai 169 juta Euro. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed