Kamis, 25 Apr 2019 17:11 WIB

Tips Hindari Spoiler Avengers: Endgame di Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: dok. istimewa Foto: dok. istimewa
Jakarta - Demam Avengers: Endgame tengah merebak di mana-mana. Penggemar fanatik Marvel Cinematic Universe (MCU) yang sensitif bocoran dan kebetulan belum nonton tentu harus mewaspadai spoiler.

Spoiler ini bisa datang dari mana saja, baik di dunia nyata (offline) dan secara khusus di ranah online (internet). Menimbang besarnya antusiasme Avengers: Endgame pula kampanye #DontSpoilTheEndgame pun sempat bergema di lini masa Twitter.




Dengan lalu-lintas informasi medsos zaman now, boleh jadi mewaspadai spoiler jadi tantangan tersendiri. Paling tidak ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghindari spoiler Avengers: Endgame di internet, sebagaimana dirangkum dari Cnet, Kamis (26/4/2019).

Spoiler Protection 2.0

Diketahui Spoiler Protection 2.0 merupakan sebuah extension di browser Chrome dan Firefox. Pertama-tama, kalian tambahkan layanan ini untuk disematkan di browser. Jika sudah, maka muncul ikon perisai di bagian kanan atas berwarna hijau.




Ikon tersebut bisa kalian klik, kemudian tulis topik yang ingin kalian hindari di internet pada kolom Spoiler Keywords, misalnya kata kuncinya Avengers dan klik ikon "+". Tak hanya sekali, kata kuncinya bisa kalian tambahkan berkali-kali sesuai keinginan.

Nanti hasilnya saat mengetik Avengers di mesin pencari Google misalnya, muncul kotak merah yang menandakan kalau kata kunci tersebut diblok. Disebutkan bahwa Spoiler Protection 2.0 mempan memblokir spoiler yang kalian hindari di internet, termasuk Facebook, Reddit, Twitter, dan YouTube.




Bisukan Twitter

Adapun cara lain yang secara khusus untuk mengelak spoiler Avengers: Endgame di Twitter. Mengingat media sosial merupakan sarana komunikasi para netizen yang paling aktif, termasuk membicarakan film tersebut.

Cara menghindari spoiler di Twitter terbilang mudah. Kalian tinggal masuk aplikasi Twitter, lalu ke "Pengaturan dan privasi", pilih "Privasi dan keamanan". Setelah itu, scroll ke bagian Keamanan, nanti pilih "Kata yang dibisukan" untuk mengisi kata maupun tagar yang ingin kalian hindari di timeline atau notifikasi.

Langkah di atas bisa kalian tetapkan durasinya, misalnya 24 jam, 7 hari atau selamanya.

Selama mencoba menghindari spoiler Avengers: Endgame, detikers.



(agt/krs)