Kamis, 25 Apr 2019 13:15 WIB

Mengenal Reinkarnasi BlackBerry Messenger

Fino Yurio Kristo - detikInet
Aplikasi BBMe. Foto: fyk Aplikasi BBMe. Foto: fyk
FOKUS BERITA Layanan BBM Tamat
Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) memang segera tamat riwayatnya tapi ada reinkarnasinya. Namanya BBMe dengan huruf e merujuk pada enterprise. Meski lebih ditujukan untuk enterprise, pengguna biasa juga dapat memakainya.

"Keputusan ini diambil sebagai rasa hormat BlackBerry kepada para pengguna setia BBM," sebut BlackBerry dalam keterangannya, usai Emtek memutuskan mematikan layanan BBM untuk consumer.

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesanan yang aman dan dapat dipercaya," ujar Mark Wilson, Chief Marketing Officer BlackBerry.




Peminat sudah dapat mengunduh BBMe dari Google Play Store di Android dan dijanjikan segera hadir di Apple App Store. BBMe akan tersedia secara gratis untuk satu tahun pertama. Setelah tahun pertama, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan tiap 6 bulan sebesar USD 2,49.

BBMe menurut BlackBery adalah platform pengiriman pesan aman dan melindungi privasi. BlackBerry tidak memonetisasi data sehingga layanan takkan meminta nomor telepon, menyarankan kontak ke pengguna, dan juga tidak melacak lokasi atau mengetahui konten yang dikirim ke pengguna lain.

Layanan ini hanya memerlukan alamat email untuk mendaftar. Pengirim dan penerima masing-masing memiliki enkripsi publik/pribadi dan signing keys (kata kunci) yang unik.

Mengenal Reinkarnasi BlackBerry Messenger BBMe. Foto: BlackBerry

Kata kunci ini akan diproduksi oleh pustaka kriptografi bersertifikasi FIPS 140-2 pada perangkat yang digunakan oleh pengguna dan kata kunci ini tidak dikontrol oleh BlackBerry. Setiap pesan menggunakan kata kunci simetris yang baru untuk mengenkripsi pesan.

Selain itu, enkripsi TLS antara perangkat dan infrastruktur BlackBerry dapat melindungi pesan BBMe dari penyadapan atau manipulasi. Dari perspektif fitur, pengguna BBMe dapat melakukan percakapan grup, panggilan suara dan video, serta menyunting, menarik kembali, atau mengatur waktu kedaluwarsa suatu pesan.




Mereka juga akan tahu kapan pesan diterima dan dibaca, dan memiliki kemampuan untuk berbagi file, catatan suara, dan lokasi. BBMe untuk penggunaan individu juga dapat digunakan pada lima perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Dari penjabaran itu, BBMe sepertinya tidak terlalu jauh berbeda dari BBM, logonya pun sama. Akan tetapi sekarang pengguna harus membayar.


(fyk/krs)
FOKUS BERITA Layanan BBM Tamat

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed