Curhat Warga yang Hidup Setahun Tanpa Medsos dan WhatsApp - Halaman 2

Curhat Warga yang Hidup Setahun Tanpa Medsos dan WhatsApp

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Apr 2019 12:00 WIB
Curhat Warga yang Hidup Setahun Tanpa Medsos dan WhatsApp
Salah satu sudut negara Chad. Foto: Getty Images

Tidak jelas seberapa efektif sensor internet mampu menahan gerakan anti pemerintah. Namun dari sisi ekonomi, pengaruhnya cukup tinggi dari sisi kerugian yang harus dialami.

Menurut laporan Collaboration of International ICT Policy in East and Southern Africa (CIPESA), sensor internet di 10 negara Afrika menimbulkan defisit lebih dari USD 235 juta dari tahun 2015 sampai 2017.

IWB mengestimasi ekonomi Chad mengalami kerugian setidaknya USD 20 juta selama setahun sensor diberlakukan. Selain itu juga ditengarai mempengaruhi perkembangan sumber daya manusia, khususnya di kalangan anak muda.

"Pemerintah Chad perlu mengambil manfaat dari kesempatan yang ditawarkan internet buat perkembangan ekonomi dan khususnya buat anak muda," tandas Muhammad Sani Abdullahi, mantan pejabat Bank Dunia.

Karena sudah setahun, sensor internet di Chad yang awalnya kurang diperhatikan kini makin terdengar dan gencar ditentang. Organisasi Committee to Protect Journalists dan IWB vokal meminta pemerintah Chad segera mencabutnya.

Bahkan ada rencana demonstrasi di kota Paris walaupun gagal karena protes Yellow Vest. Di media sosial, hashtag Maalla_Gat├ętou yang kurang lebih artinya 'kenapa kau memutusku' diluncurkan belum lama ini.

Tapi sepertinya pendirian pemerintah Chad sukar untuk digoyahkan dan kecil peluang internet dikembalikan seperti sediakala dalam waktu dekat. "Internet sudah seperti monster saja yang kepalanya perlu ditebas. Tapi tidak ada harapan," kata Assani.



(fyk/krs) (fyk/krs)