Selasa, 23 Apr 2019 13:10 WIB

Ini Video Pertama Tayang di YouTube Tepat 14 Tahun Silam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Video pertama di YouTube berjudul Me at the Zoo. Foto: Internet Video pertama di YouTube berjudul Me at the Zoo. Foto: Internet
Jakarta - Pengguna internet mana yang tak kenal YouTube? Situs berbagi video milik Google ini semakin populer sejak hadir 14 tahun lalu di mana selain menjadi sumber hiburan, juga nafkah utama bagi banyak YouTuber.

Nah, seperti apa video pertama YouTube? Kebetulan tepat hari ini 23 April pada tahun 2005, lahir video pertama yang ditayangkan YouTube, judulnya 'Me at the Zoo'.

Video tersebut tercatat dipublikasikan pada tanggal 23 April 2005 oleh Jawed Karim, yang tak lain adalah salah satu pendiri situs tersebut.




Memang, hari kelahiran YouTube sendiri adalah 14 Februari 2005. Namun, baru sekitar dua bulan kemudian video pertama diunggah ke YouTube, yang menandai kehadiran layanan tersebut.

Dikutip detikINET dari Bussines Insider, video berdurasi 18 detik itu terbilang sangat sederhana, hanya menampilkan Jawed sedang berdiri di depan kandang Gajah di kebun binatang San Diego.

Hingga saat ini, videonya masih ada. Hingga 14 tahun kemudian, ia sudah dilihat sebanyak 66 juta kali dengan 2 juta lebih komentar. Ya meski singkat dan sederhana, nilai sejarahnya tentu sangat tinggi.

'Me at the Zoo' direkam oleh teman SMA Jawed, Yakov Lapitsky. "Sebagai video pertama yang diupload di YouTube, video ini memainkan peran vital dengan secara fundamental mengubah bagaimana orang mengkonsumsi media," tulis Los Angeles Times.




Guiness World Record juga punya catatan tentangnya. "Pada 23 April 2005, co founder YouTube Jawed Karim (lahir di Jerman, sekarang warga AS) meng-upload video pertama ke YouTube, berjudul Me at the Zoo"

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed