Sabtu, 20 Apr 2019 06:51 WIB

Inikah Momen yang Hancurkan BlackBerry Messenger?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Electricpig Foto: Electricpig
FOKUS BERITA Layanan BBM Tamat
Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) adalah salah satu keunggulan yang eksklusif dimiliki ponsel BlackBerry saat masih di puncak ketenaran. Tapi kemudian, beredar isu BlackBerry yang kala itu masih bernama Research in Motion akan membuka diri untuk ponsel Android maupun iOS.

Saat itu tahun 2011, pengguna ponsel 'si robot hijau' mulai bergeliat. Hal ini pun ditunjang dengan serbuan deretan ponsel Android dari berbagai vendor. Namun pertanyaannnya adalah, bagaimana dengan RIM? Apa mereka mau?

Mike Kirkup, Director of Developer Relations RIM saat itu mengatakan, pihaknya tidak memiliki rencana atau ketertarikan untuk membuka akses BBM bagi lintas platform. Baik itu untuk perangkat mobile atau PC.

BBM merupakan salah satu kunci utama kekuatan BlackBerry dalam menggaet pengguna. Jadi jika fitur ini juga bisa digunakan atau bisa diakes lewat perangkat lain, dikhawatirkan pengguna BlackBerry akan mudah berpindah ke lain hati.

"Alasan lain adalah terkait infrastruktur untuk menjalankan BBM adalah terlalu internal, sehingga jika dibuka untuk sistem di luar RIM malah akan menjadi ide yang buruk," tukas Mike.



"Saya tidak mengatakan bahwa hal ini (membuka akses BBM-red.) tidak bisa terjadi, hanya saja saya tidak melihat benefit dari hal itu," lanjutnya.

Ketika itu, aplikasi chatting memang sudah banyak bersliweran di luaran. Namun RIM mengklaim bahwa dari aplikasi-aplikasi tersebut tak ada yang sebaik BBM.

"Sehingga saya percaya jika BBM harus tetap berada di tempatnya," Mike menandaskan.

Namun seiring berjalannya waktu, RIM melunak. Hingga akhirnya mereka benar-benar membuka akses BBM untuk Android dan juga Apple iOS.

Halaman Selanjutnya: BBM Buka Diri Buat Android dan iOS (fyk/fyk)
FOKUS BERITA Layanan BBM Tamat

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed