Rabu, 17 Apr 2019 17:45 WIB

Fakta Baru Hengkangnya Duo Pendiri Instagram dari Facebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kevin Systrom. Foto: Instagram Kevin Systrom. Foto: Instagram
Jakarta - Hengkangnya duo pendiri Instagram -- Kevin Systrom dan Mike Krieger -- dari Facebook sempat membuat heboh. Kini penyebab hengkangnya kedua orang itu mulai terungkap.

Baik Systrom maupun Krieger ternyata tak setuju dengan pandangan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengenai masa depan Instagram, yang kemudian memicu hengkangnya kedua orang itu.

Ketika diakuisisi Facebook pada 2012 senilai USD 1 miliar, Instagram hanyalah tempat untuk berbagi foto dengan sesama teman. Namun, tujuh tahun kemudian Instagram sudah berubah menjadi platform untuk berbagi foto, video, dan bahkan ekosistem belanja.




Menurut laporan terbaru Wired, hal yang paling menarik dari perseteruan antara Systrom dan Krieger dengan Zuck adalah langkahnya menyetop ajakan ke pengguna Facebook untuk memposting ke Instagram, melainkan menyimpan postingannya di Facebook saja.

Zuck pernah meminta Javier Olivan, head of growth-nya, daftar hal-hal yang dilakukan Facebook untuk mendukung Instagram. Yaitu memajang iklannya di Blue App, menyertakan back link ketika seseorang memposting foto di Instagram dan mempublikasikan ulang di Facebook News Feed, dan membolehkan Instagram mengakses koneksi teman di Facebook untuk menampilkan rekomendasi teman yang bisa di-follow.




Setelah mendapat daftar tersebut, Zuck menyatakan penarikan dukungannya ke dua pendiri Instagram itu. Systrom pun langsung mengirim memo ke para karyawannya yang menjelaskan keputusan Zuck dalam menyetop dukungan trafik pengguna ke Instagram.

Ia tak setuju dengan langkah tersebut, namun ia berkomitmen terhadap perubahan tersebut sembari meminta para pegawainya itu untuk mengikuti keputusan tersebut. Namun rupanya memo tersebut seperti memercikkan api kemarahan di antara karyawan Instagram.

Facebook pun rupanya tak senang dengan memo yang dikirimkan Systrom ke karyawan Instagram tersebut karena takut akan bocor ke publik. Setelah itu pun Systrom cuti dari Instagram, yang kemudian diikuti oleh pengunduran dirinya bersama Krieger.


(asj/krs)