Rabu, 17 Apr 2019 11:51 WIB

Bos Pabrik iPhone Berencana Maju Nyapres

Fino Yurio Kristo - detikInet
Terry Gou. Foto: Getty Images Terry Gou. Foto: Getty Images
Taipei - Pendiri dan chairman Foxconn, Terry Gou, mempertimbangkan akan maju dalam pemilihan presiden Taiwan edisi tahun 2020. Ia pun berencana untuk lengser dari jabatannya di manufaktur terbesar dunia itu.

Foxconn yang berbasis di Taiwan lama dipercaya merakit iPhone dan gadget vendor tenar lainnya. Mereka punya beberapa pabrik di China dan mempekerjakan begitu banyak buruh.

Dikutip detikINET dari Reuters, Gou belum memilih masuk partai mana tapi akan memutuskannya secepat mungkin. Ia berencana terjun ke dunia politik seiring Taiwan saat ini terus mengalami peningkatan tensi dengan China yang selalu menganggap negara itu wilayahnya.




"Aku tak tidur semalam. 2020 adalah kunci bagi Taiwan. Alasan situasi tegang dengan China adalah karena itu adalah titik balik bagi arah Taiwan untuk politik, ekonomi, pertahanan 20 tahun ke depan," sebutnya.

"Jadi aku bertanya pada diriku sepanjang malam. Aku perlu bertanya pada diriku apa yang dapat kulakukan. Apa yang bisa kulakukan untuk anak muda? 20 tahun ke depan akan menentukan nasib mereka," kata Guo sambil menahan air mata.

Partai oposisi, Kuomintang (KMT), yang bersahabat dengan China, menyebut bahwa Guo merupakan anggota mereka selama lebih dari 50 tahun. Guo juga pernah memberi donasi USD 1,5 juta pada partai itu di tahun 2016 atas nama ibunya.

Guo, orang terkaya Taiwan dengan harta menurut Forbes USD 7,6 miliar, mengungkap pula keinginannya untuk lengser dalam beberapa bulan ke depan untuk memberi kesempatan pada eksekutif muda.




Foxconn kemudian menjelaskan bahwa Gou akan tetap menjadi chairman perusahaan itu. Namun dia tidak akan begitu aktif dalam operasional sehari-hari.

Gou mendirikan Foxconn pada tahun 1974 dengan nama Hon Hai Precision Industry. Pabrik pertama Foxconn di China dibuka pada tahun 1988 yang berlokasi di Shenzen.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed