Sabtu, 13 Apr 2019 18:46 WIB

Kurangi Sampah, Ilmuwan Ciptakan Robot Daur Ulang Sampah

Josina - detikInet
Robot RoCycle. (Foto: YouTube) Robot RoCycle. (Foto: YouTube)
Jakarta - Setiap tahun sampah di dunia dikatakan mengalami kenaikan yang telah mencapai berjuta-juta ton, hal ini membuat para ilmuwan untuk mencoba melakukan terobosan dengan menciptakan robot yang bisa membantu manusia untuk memproses dalam mendaur ulang sampah.

Mengutip dari Ubergizmo, para peneliti ini yang akan mengembangkan robot berasal dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Massachusetts Institute of Technology (CSAIL MIT).


Robot tersebut dijuluki RoCyle yang dirancang unik karena memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi jenis sampah hanya dengan sebuah sentuhan.

Dengan menyentuhnya robot ini dapat mengetahui jenis-jenis bahan apa yang dibuat dan akan mengurutkannya, sehingga menghemat waktu petugas kebersihan untuk memisahkan sampah secara manual.


Selain itu robot ini juga dapat memiliki sensor untuk mengukur objek sampah serta dapat menentukan apakah benda tersebut dapat diremas atau tidak. Setelah itu robot akan mengetahui apakah sampah tersebut merupakan golongan kertas, plastik atau bahkan logam.

Robot RoCycle juga memiliki akurasi sekitar 63% saat menyortir item sampah pada mesin sabuk konveyor dan akurasi sekitar 85% ketika benda-benda tersebut dalam kondisi posisi diam.

(jsn/jsn)