Rabu, 10 Apr 2019 13:05 WIB

Pria Ini Dipenjara 2 Tahun Gara-gara Jualan Bitcoin

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Australia Plus ABC Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Seorang pria berusia 22 tahun dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun karena menjual bitcoin, tepatnya menjual bitcoin tanpa izin pemerintah.

Jacob Burrell Campos, nama pria itu, sudah ditahan oleh pihak berwajib AS sejak Agustus 2018. Ia mengaku bersalah pada Oktober 2018 karena tak menerapkan perlindungan anti pencucian uang, termasuk tak mengecek identitas pembeli/penjual bitcoin, ataupun memastikan asal uang tersebut.

Ya, kesalahan dari Burrell adalah tak mendaftarkan bisnisnya ke Financial Crimes Enforcement Network milik US Department of Treasury. Ia dipenjara dua tahun bukan karena menipu atau mencuri uang konsumennya, namun hanya karena tak mendaftarkan bisnis penukaran bitcoinnya.




Namun jika melihat dari cara-cara bertransaksinya, aktivitas bisnis penukaran bitcoin Burrell memang mencurigakan. Ia seringkali menggunakan aplikasi pengenkripsi untuk mengontak konsumennya.

Nilai tukar yang ditawarkannya lebih tinggi 5% dari harga pasaran, dan ia menerima pembayaran melalui uang tunai, yang membuat bisnisnya itu menarik untuk aktivitas pencucian uang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (10/4/2019).

Namun dalam pembelaan Burrell, ia awalnya sudah mendaftarkan bisnisnya itu ke pihak berwajib. Namun kemudian akunnya itu diblokir karena banyaknya transaksi mencurigakan, yang membuatnya beralih ke Bitfinex, ebuah penukaran bitcoin di Hong Kong yang juga tengah diinvestigasi oleh pemerintah AS, dan kemudian membuka bisnisnya sendiri pada 2016.


(asj/krs)