Selasa, 09 Apr 2019 15:07 WIB

Tangkal Spam, Twitter Batasi Jumlah Follow Akun dalam Sehari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Twitter membatasi jumlah akun yang bisa di-follow dalam sehari untuk menangkal spam. (Foto: Reuters/Kacper Pempel) Twitter membatasi jumlah akun yang bisa di-follow dalam sehari untuk menangkal spam. (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta - Twitter menerapkan kebijakan baru untuk menangkal spam dari akun-akun spammer. Media sosial yang dipimpin oleh Jack Dorsey tersebut membatasi jumlah akun yang bisa diikuti oleh pengguna dalam sehari, dari 1.000 akun menjadi 400.

Kebijakan baru ini bisa mencegah spammer untuk mengembangkan jaringannya di Twitter. Itu karena salah satu praktik yang biasa dilakukan spammer adalah dengan cara mengikuti (follow) dan berhenti mengikuti (unfollow) akun Twitter secara massal.


Praktik yang biasa disebut "follower churn" ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian pengguna yang di-follow dan mendorong mereka untuk mem-follow balik akun spammer tersebut. Tapi praktik ini dianggap melanggar syarat dan ketentuan Twitter.

Twitter juga sebelumnya telah memblokir beberapa layanan dan aplikasi dari API-nya yang menawarkan tools untuk mengikuti ratusan akun secara massal.




Tapi banyak pengguna Twitter yang merasa apa yang dilakukan Twitter belum cukup. Ada beberapa pengguna yang merespons pengumuman Twitter bertanya mengapa jumlah tersebut dibatasi di angka 400, mengingat banyak pengguna biasa butuh waktu bertahun-tahun untuk mengikuti akun sebanyak itu.

Juru bicara Twitter pun menjelaskan kepada TechCrunch mengapa mereka memilih angka 400 akun.




"Kami melihat perilaku follow di berbagai ambang batas dan memilih 400 sebagai batas wajar yang menghentikan sebagian besar spammer tanpa mempengaruhi pengguna sah," kata juru bicara Twitter, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Selasa (9/4/2019).

Ini bukan pertama kalinya Twitter berupaya mencegah akun spam dan bot untuk berkembang di platformnya. Tahun lalu, Twitter melarang tweeting massal yang memungkinkan pengguna untuk mencuitkan konten yang sama dari beberapa akun.


(vim/krs)