Rabu, 03 Apr 2019 09:18 WIB

MIUI 11 Bawa 6 Fitur Anyar, Apa Saja?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi ponsel Xiaomi. Foto: Pocketlint Ilustrasi ponsel Xiaomi. Foto: Pocketlint
Jakarta - Awal tahun ini, Xiaomi mengumumkan pihaknya mulai menggarap MIUI 11. Kini, mereka memberikan detail lebih lanjut mengenai firmware buatannya itu.

Adalah Liu Ming (Product Director MIUI) dan Ge Rui (Design Direct MIUI) yang blak-blakan soal MIUI 11. Paling tidak, ada enam hal baru yang siap dibawa olehnya. Yuk kita cek satu-satu.

1. Tampilan ikon baru

MIUI 11 akan memberikan tampilan yang lebih segar dengan pembaruan pada ikon aplikasi yang tampak seperti itu-itu saja sejak MIUI 6. User disebut dapat mengubah bentuk ikon sesuai kehendak.



Secara garis besar, ikon aplikasi pada MIUI 11 akan tampak lebih datar dan minimalis. Sebagai pelengkap, animasi pada tampilan antarmukanya juga akan diperhalus.

2. Mode hemat daya yang bikin layar hitam-putih

Mode ultra power saving akan hadir di MIUI. Saat aktif, seluruh aplikasi dan fitur, kecuali SMS dan telepon, akan mati. Selain itu, layar akan berubah jadi monokrom.

Berubahnya warna layar menjadi hitam putih saja merupakan bagian dari penghematan baterai. Lebih lanjut, pengguna juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang dapat mendukung mode hemat daya ultra ini.

3. Bisa jadi hadirkan opsi hilangkan notch

Status bar pada ponsel yang menjalankan MIUI 11 akan mendapat penyegaran, terlebih bagi pemilik notch. Ikon-ikon di dalamnya akan ditata lebih rapi sehingga ikon penting seperti terpasangnya headphone, mute, baterai, dan kekuatan sinyal bisa diletakkan di satu sisi status bar.

Lebih lanjut, ikon jam juga akan berada di pojok kanan atas pada layar, mengikuti ponsel Android lainnya. Tak ketinggalan, Xiaomi juga bisa jadi bakal menambah opsi untuk menghilangkan notch dengan menghitamkan status bar.

4. Screenshot otomatis terhapus

MIUI 11 akan memungkinkan hasil screenshot langsung terhapus begitu telah dibagikan oleh user. Selain itu, opsi edit juga bakal muncul pada tangkapan gambar itu, sebagaimana detikINET kutip dari XDA Developers, Rabu (3/4/2019).

5. Notifikasi yang lebih rapi

Pengguna ponsel yang menjalankan firmware ini mungkin akan mendapati toggle notification yang lebih rapi. Hal ini lantaran user dimungkinkan untuk menggabungkan notifikasi dari aplikasi yang sama.

6. Tema gelap

MIUI 11 akan memperluas kehadiran tema gelap yang sudah datang apda MIUI 10 beta untuk MI 8 dan Redmi Note 5 Pro. Selain itu, fitur tersebut juga akan mendukung tampilan pada browser serta aplikasi pihak ketiga.

Jadi, user tak perlu upgrade ke Android Q jika ingin mencoba mode gelap, walau upgrade tetap dibutuhkan untuk menjaga 'kesehatan' software ponsel.



Satu yang sayangnya belum disampaikan oleh Xiaomi adalah tanggal rilis dari MIUI 11. Menarik untuk ditunggu kapan firmware ini akan hadir, terlebih, daftar ponsel yang bakal mendapatkannya sudah diumbar olehnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed