Sabtu, 30 Mar 2019 06:19 WIB

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap Rencana

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Ajang kompetisi startup Thinkubator telah usai digelar. Kompetisi yang menghadirkan enam finalis di babak akhir ini, masing-masing telah mendapatkan pendanaan dengan jumlah beragam.

Di Gedung Transmedia, Jumat (29/3/2019) malam WIB, keenam startup tersebut telah melakukan live pitching di hadapan para juri ternama seperti Chairul Tanjung yang merupakan Chairman and Founder of CT Corp, William Tanuwijaya Founder & CEO Tokopedia, dan Frederica Widyasari Dewi yang merupakan Presiden PT KSEI.

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Grandyos Zafna/detikINET

Buat keenam finalis Thinkubator, para juri menyebarkan total uang senilai Rp 1,5 M yang besarannya sesuai dengan penilaian juri. Salah satunya DarahKita, startup untuk memberi solusi atas masalah donor darah di Indonesia. Startup ini juga menghubungkan mereka yang sedang mencari donor darah.

Zulkarnaim Masyhrurq, founder DarahKita, mengatakan kompetisi semacam ini adalah kali kedua yang diikutinya. Namun, baru kali ini pihaknya mendapatkan pendanaan dengan nilai Rp 200 juta.




Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Granyos Zafna/detikINET


"Alhamdulillah dapat duit Rp 200 juta. Insyaallah ini akan kita gunakan untuk bisa menyebarkan ke lebih banyak pelosok di Indonesia. Jadi bukan hanya di Kota Palopo saja," ujarnya.

Ia pun mengaku bahagia dapat mengikuti Thinkubator ini sekaligus menjadi salah satu dari enam finalis utama. "Bahagia banget kami dapat kesempatan bisa berkompetisi di Thinkubator dan juga bisa diliput dari berbagai macam media."

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Selain mendapatkan pendanaan, ia juga berharap lewat Thinkubator ini DarahKita bisa berjejaring dengan banyak pihak agar dapat membuka jalan demi bekerja sama dengan PMI di kota-kota di seluruh Indonesia.

"Pengennya sih bisa bekerja sama di PMI Indonesia. Jadi kami tidak hanya ingin investasi saja, tapi kami juga ingin berjejaring karena powernya kita itu dikolaborasi mulai dari komunitas, pemerintah dan PMI nya itu dalam Darah Kita," ujarnya.

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Granyos Zafna/detikINET

Startup finalis lainnya, Mandor-id, juga mengungkapkan rasa bahagia karena telah mendapatkan pendanaan. Founder Mandor.id, Andita Sugiono, tak menyangka bisa lolos ke enam besar.

"Kita awalnya nggak nyangka banget ya bisa lolos di Thinkubator, karena kita tuh submit benar-benar di hari terakhir. Terus setelah masuk sini tuh kayak nggak nyangka banget bakalan masuk enam besar," ujar Andita.

"Ini lomba pertama kali, pitch pertama, makanya kita grogi banget," tambahnya.

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Granyos Zafna/detikINET

Mandor.id berhasil mendapatkan dana Rp 100 juta dari Thinkubator. Andita menuturkan, dana tersebut rencananya akan digunakan untuk pengembangan aplikasi.

"Tadi kita dapat Rp 100 juta. Lumayanlah. Kita akan gunakan untuk pengembangan aplikasi sih. Jadi sebenarnya kan kita mau mentransisi yang asalnya manual ke digital, cuma butuh pendanaan juga untuk itu," ujarnya.

Andita pun bersyukur karena lewat kegiatan Live Pitching yang disiarkan di banyak media ini bisa menjadi ajang pengenalan Mandor.id ke masyarakat. Ia juga berharap, bisa lebih banyak mendapatkan pendanaan dari para investor di masa depan.

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Granyos Zafna/detikINET

"Harapannya bisa dapat investor untuk pengembangan aplikasi. Terus dari Thinkubator ini kan kita dapat iklan gratis juga. Jadi untuk pengenalan dan sosialisasi produk kita. Ini kan live pitch dan ini disiarkan di TV," ujarnya.

"Kita juga berharap kegiatan ini ada tiap 3 bulan sekali-lah, karena aku melihat banyak startup yang kecil, tapi mereka nggak tau dapat dari mana dana untuk membiayai itu," tuturnya.

Usai Dapat Suntikan Dana, Finalis Thinkubator Ungkap RencanaFoto: Grandyos Zafna/detikcom

Untuk diketahui, Thinkubator merupakan program yang ditujukan untuk komunitas dan pelaku startup di Indonesia. Dalam program ini, komunitas startup berkesempatan mendapat bimbingan dan ilmu baru dari para praktisi startup dari berbagai bidang dalam suatu diskusi dan workshop.

Acara ini berasal dari inisiatif yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajarannya, serta dukungan kementerian terkait. Grab menyambut baik imbauan ini dan menjadi Official Mobile Platform Partner.


(krs/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed