Jumat, 29 Mar 2019 21:35 WIB

Lewat Thinkubator, 'Proyek Udang Bahagia' Dapat Rp 825 Juta

Tim - detikInet
Keenam finalis Thinkubator. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom) Keenam finalis Thinkubator. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Live Pitching Thinkubator berlangsung seru di Gedung Transmedia, Jakarta, Jumat (29/3/2019). Keenam startup finalis berlomba menyakinkan para juri di kompetisi startup itu. Akhirnya ada "proyek udang bahagia" yang berhasil meraih pendanaan paling besar senilai Rp 825 juta.

"Proyek udang bahagia" merupakan garapan startup Nanobubble. Kedua pendirinya, Hardi Junaedi dan Dedi Cahyadiaat, mampu menyakinkan ketiga juri Thinkubator, yakni Chairul Tanjung yang merupakan Chairman and Founder of CT Corp, Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Frederica Widyasari Dewi yang merupakan Presiden PT KSEI.

"Skema modal bisnis kami adalah pola investasi. Setiap 1 ribu meter persegi kita mendapatkan Rp 35 juta. Kami menargetkan 3 ribu hektar di Indonesia," ujar Hardi Junaedi.




Rupanya skema tersebut mampu menyakinkan William Tanuwijaya. Dana Rp 500 juta pun diberikan. "Saya percaya ekspor itu harus didukung dengan kapasitas. Maka saya kasih Rp 500 juta," katanya.

Dana yang cukup besar juga diberikan dua juri lain buat "proyek udang bahagia" dari Nanobubble. CT memberikan Rp 100 juta, sementara Frederica mengucurkan Rp 125 juta.

'Proyek Udang Bahagia' Raih Pendanaan Rp 825 JutaFoto: Grandyos Zafna/detikcom


Di akhir acara Thinkubator ini, Chairul Tanjung bahkan memberikan kejutan. Dia memberikan sisa dana Rp 100 juta ke Nanobubble. Total, proyek udang bahagia berhasil meraih pendanaan Rp 825 juta.

"Agar udangnya bahagia," ungkap CT.




Berikut adalah total pendanaan yang didapatkan oleh keenam finalis Thinkubator:
- Piniship Rp 125 juta
- Mandor Rp 100 juta
- Darah Kita Rp 200 juta
- Ngorder.id Rp 75 juta
- Nanobubble 825 juta
- SIAB Rp 175 juta.

Untuk diketahui, Thinkubator merupakan program yang ditujukan untuk komunitas dan pelaku startup di Indonesia. Dalam program ini, komunitas startup berkesempatan mendapat bimbingan dan ilmu baru dari para praktisi startup dari berbagai bidang dalam suatu diskusi dan workshop.

Acara ini berasal dari inisiatif yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajarannya, serta dukungan kementerian terkait. Grab menyambut baik imbauan ini dan menjadi Official Mobile Platform Partner.

Perhelatan Thinkubator mendapat respons positif dan sebanyak 1.169 startup mendaftar. Jumlah itu lalu disaring jadi 150 startup yang hadir di sesi Conference and Workshop, Kamis (28/3) kemarin. Dari jumlah tersebut 75 startup di antaranya dari luar Jabodetabek, 17 startup berasal dari Indonesia timur. Dan di antara founder dan co-founder, 35 adalah wanita.

Tonton video: Proyek ''Udang Bahagia'' Raih Pendanaan Rp 825 Juta dari Thinkubator

[Gambas:Video 20detik]

(afr/krs)