Kamis, 28 Mar 2019 19:45 WIB

Mau Bikin Startup Juga Harus Perhatikan Feng Shui?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: dok: detikcom Foto: dok: detikcom
Jakarta - Apa hubungan startup dan feng shui? Sekilas terlihat tak ada, tapi rupanya feng shui justru disebut sebagai "faktor x" dalam menjalankan perusahaan rintisan.

Adalah Anto Motulz, Creator Advisor Kreavi, yang mengatakan hal tersebut. Lalu, bagaimana menghubungkan feng shui ketika membangun atau menjalankan startup?

"Cek tanggal lahir kamu kapan, lalu cek jam lahir kamu kapan. Kalau sudah, kamu cari aplikasi yang bisa nanti bisa cari elemen kamu apa," ujarnya ketika ditanya oleh salah satu peserta dalam acara Thinkubator.




"Misalnya elemen kamu itu air, cek tahun ini elemen air bagus apa nggak. Itu bisa menjadi 'faktor x'," katanya menambahkan.

Video: Harus Cek Feng Shui Sebelum Bikin Bisnis Startup

[Gambas:Video 20detik]



Tak cuma menyinggung soal feng shui itu, Anto juga mengungkap satu kebiasaan kurang baik yang tak sekali dua kali dijumpainya dari para pendiri startup. Kebiasaan tersebut adalah "selebrasi" setelah mendapat pendanaan. Menurutnya, para founder justru harus berhati-hati dengan suntikan dana itu dan "euforia" yang bisa muncul setelahnya.

Mau Bikin Startup Juga Harus Perhatikan Feng Shui?Foto: Mustiana Lestari/detikINET

"Yang pertama harus diingat, kita pernah janji ke investor untuk mengembangkan investasinya. Kalau saya mengukurnya 2-3 tahun untuk sebuah startup kalau mereka serius apa tidak. Kita harus memanfaatkan momen pendanaan itu lolos dari struggling 2-3 tahun itu," pungkasnya.





(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed