Kamis, 28 Mar 2019 15:31 WIB

Grab Siap Bawa Thinkubator ke Asia Tenggara

Tim DetikINET - detikInet
Foto: detikINET/Grandyos Zafna Foto: detikINET/Grandyos Zafna
Jakarta - Indonesia dipilih Grab menjadi negara pertama dihelatnya Thinkubator. Ke depannya, ajang yang membantu tumbuh kembang startup ini akan dibawa ke tingkat lebih luas.

"Thinkubator premier di Indonesia. Selanjutnya akan dibawa ke asia tengara," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, saat ditemui usai acara pembukaan sesi Conference and Workshop Thinkubator, Kamis (28/3/2018).




Rizky menjelaskan Thinkubator buah dari kerjasama 5 kementerian dan lembaga pemerintah, yakni Kementerian Koordiasi Bidang Kemaritiman, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Ekonomi Kreatif, BKPM dan Staf Kepresidenan.

Perhelatan Thinkubator dimulai 5 Maret lalu dengan dibukanya proses pendaftaran. Hingga 21 Maret ada sebanyak 1.169 startup dari Indonesia. Kemudian disaring 150 startup yang hadir di sesi Conference and Workshop.

Grab Siap Bawa Thinkubator ke Asia TenggaraFoto: detikINET/Grandyos Zafna


"75 startup di antaranya dari luar Jabodetabek, 17 startup berasal dari Indonesia timur. Dan di antara founder dan co-founder adalah wanita," terang Ridzki.

150 startup akan diseleksi hingga mendapatkan 6 startup yang akan live pitching di hadapan Chairul Tanjung yang merupakan Chairman and Founder of CT Corp, William Tanuwijaya Co-Founder Tokopedia, dan Frederica Widyasari Dewi yang merupakan Presiden PT KSEI.

"Para jawara akan diberikan bantuan funding dan coching oleh Grab," kata Ridzki.

Video: Grab Bocorkan Cara Sukses Bisnis Startup

[Gambas:Video 20detik]



Kriteria

Ada sejumlah kriteria yang dipasang untuk mencari para finalis. Selain sisi kreatifitas, para startup akan dilihat dampak positif sosialnya bagi masyarakat di Indonesia. Ini sejalan dengan semanta Grab di Tanah Air.

Tidak ketinggalan dilihat seberapa mendorong startup tersebut bagi perekonomian. Sosok founder dan co-founder ikut pula dinilai. Terakhir soal potensi bisnis.

"Bisnisnya kita lihat, ada pontensi untuk berkembang tidak. Karena skalabilitasnya sangat penting, jadi tidak hanya bagus di konsepnya saja," terang Ridzki.

Grab Siap Bawa Thinkubator ke Asia TenggaraFoto: detikINET/Grandyos Zafna


Di tempat yang sama Excecutive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan mengungkap peserta Thinkubator dari beragam sektor. Ada transportasi, logistik, kemaritiman, pertanian dan e-commerce. Melihat ini, pihaknya sangat gembira.

"Ini memperlihatkan kalau startup indonesia ikut-ikutan di beberapa sektor. Sangat mengembirakan," ujar Onky.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed