Kamis, 28 Mar 2019 13:31 WIB

Dukungan Jokowi Bikin Luhut Tak Ragu Gas Terus Startup

Mustiana Lestari - detikInet
Foto: detikINET/Grandyos Zafna Foto: detikINET/Grandyos Zafna
Jakarta - Di acara Thinkubator, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap dukungan penuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap startup membuatnya tak ragu nge-gas terus.

Luhut mengatakan hal itu di hadapan ratusan pelaku startup dalam acara Thinkubator di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (28/3/2019). Ia tak ragu menginisiasi Thinkubator, bersama Grab dan Transmedia, karena Jokowi mendukung meningkatnya startup.




"Presiden kan kasih peluang bukan janji-janji doang. Kita yang mengarahkan menggiring mereka," kata Luhut.

"Sudah banyak startup makanya sekarang ini ekonomi makin efisien tidak banyak yang korupsi lagi karena semua online-online orang suka korupsi tersingkir juga," ucapnya.

Dia pun mengapresiasi banyaknya startup yang ikut serta dalam acara Thinkubator, dengan 1.165 pendaftar sampai akhirnya terpilih-lah 150 startup.




"Presiden pengen banget anak muda maju kenapa cuma Alibaba saja, Grab juga akan dukung unicorn baru yang katanya online online itu," tambahnya.

Sehubungan dengan itu, dia berharap agar anak muda tak ragu lagi masuk ke dunia usaha. Sebab pemerintah akan mendukung penuh.

"Saya ingin dorong kalian mari ini ada peluang. Kita negara sudah kaya dan presiden kebetulan enak diajak ngomong, saya gas saja. Dalam kepentingan nasional ini gak usah ragu," kata Luhut.

"Saya mau jangan pernah kecil hati. Saya saja cuma anak sopir bus, ibu saya tidak tamat SR. Saya lahir dari rahim ibu yang tidak tamat SR. Kami berlima kami anaknya bisa masuk top university," tegas dia.




Sebagai informasi kini telah terpilih enam dari 150 finalis di Thinkubator yaitu DarahKita, SIAB Indonesia, Ngorder, Nanobubble, Mandor.id dan Piniship. Mereka akan masuk ke dalam pitching bisnis yang langsung dihadapkan dengan 3 juri sampai akhirnya mendapatkan total hadiah Rp 3 miliar.

Akan digelar juga workshop Thinkubator akan dibagi yang dibagi dalam beberapa tema. Di antaranya adalah tema Movement and social impact oleh Leonika Sari CEO Redblood, Founder Instellar Dian Onno, dan Founder Mekadonia Makerspace Dina Kosasih.

Dukungan Jokowi Bikin Luhut Tak Ragu Gas Terus StartupFoto: detikINET/Grandyos Zafna

Sementara untuk sesi Agriculture akan diisi oleh Habibi Garden yang merupakan "Winner The Next Dev 2016, kemudian Tantyo Bangun dari kecipir.com. Untuk sesi Making Strong brand to get investor akan diisi oleh Billy Boen Founder and CEO YOT Grab Venture Capital, kemudian ada Anto Motulz yang merupakan Creative Advisor Kreavi.

Video: Inilah Thinkubator! Wadah Startup Indonesia Belajar dan Maju

[Gambas:Video 20detik]



Sesi terakhir Busines and Digital Industry menjadi sesi yang juga tak kalah menarik. Di mana akan diisi oleh Yasa Singgih Founder Mens Republic, Stephanie Yoe yang merupakan venture partner at Fenox Venture dan Samuel Pangerapan yang berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dukungan Jokowi Bikin Luhut Tak Ragu Gas Terus Startup
(krs/afr)