Rabu, 27 Mar 2019 14:43 WIB

Riset UI: Penghasilan Mitra Go-Jek di Atas UMK

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyebutkan kalau penghasilan mitra Go-Jek bisa melebihi upah minimum kabupaten/kota (UMK). Riset ini dilakukan untuk wilayah Jabodetabek dan wilayah lain.

Melalui hasil survei yang dilakukan LD FEB UI rata-rata penghasilan per bulan mitra Go-Jek meliputi Go-Ride sebesar Rp 4,7 juta wilayah Jabodetabek, sedangkan untuk wilayah lain pendapatan sebesar Rp 3,8 juta.

Adapun penghasilan mitra Go-Life per bulan di atas UMK yaitu sebesar Rp 4,8 juta untuk wilayah Jabodetabek dan Rp 4,3 juta di 8 wilayah lainnya. Kemudian penghasilan mitra Go-Car per bulan di atas UMK yaitu Rp 6 juta untuk wilayah Jabodetabek dan Rp 5,5 juta untuk 8 wilayah luar Jabodetabek.




Sementara untuk UMK Jabodetabek rata-rata adalah Rp 3,9 juta dan UMK rata-rata di luar Jabodetabek Rp 2,8 juta. Ini menunjukkan kalau penghasilan rata-rata mitra Go-Jek berada di atas UMK.

"Kontribusi yang semakin besar dari Go-Jek menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. Go-Jek sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan kemampuan inovasi teknologinya untuk memperluas peluang penghasilan," ungkap Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C.K. Walandouw dalam paparan risetnya yang dikutip detikINET, Rabu (27/3/2019).

Penelitian itu didapatkan dari hasil riset UI yang dilakukan di beberapa wilayah Indonesia dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan pencuplikan acak sederhana (simple random sampling) dari database mitra yang aktif dalam tiga bulan terakhir, yaitu mitra pengemudi roda dua Go-Ride sebanyak 3.886 responden, mitra pengemudi roda empat Go-Car sebanyak 1.010 responden, mitra UMKM Go-Food sebanyak 1.000 responden, dan mitra Go-Life sebanyak 836 responden.




Sampel penelitian ini secara keseluruhan mewakili populasi mitra pengemudi, mitra UMKM, dan Go-Life di wilayah penelitian. Riset UI ini juga merupakan salah satu riset dengan skala dan cakupan terbesar pada industri ekonomi digital Indonesia dengan margin of error di bawah 3,5%. (prf/krs)