Kamis, 21 Mar 2019 11:29 WIB

Hari Ini 13 Tahun Lalu, Twitter Mulai Mencuit

Kris Fathoni W - detikInet
Di tanggal 21 Maret ini pada 13 tahun yang lalu, Twitter mulai mencuit. (Foto: Reuters/Kacper Pempel) Di tanggal 21 Maret ini pada 13 tahun yang lalu, Twitter mulai mencuit. (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta - Twitter kini sudah menjadi nama yang familiar di telinga, boleh jadi bahkan buat non-penggunanya. Nah, tanggal 21 Maret menghadirkan momen istimewa buatnya.

Istimewa, karena tanggal itu itu bisa dikatakan menjadi semacam "hari ulang tahun" buat Twitter. Lebih tepatnya, "ultah cuitan pertama".

Sejarah mencatat bahwa eksistensi Twitter bermula pada 21 Maret 2006. Hal itu berkaitan erat dengan kemunculan cuitan pertama di platform media sosial tersebut.

Hari Ini 13 Tahun Lalu, Twitter Mulai MencuitJack Dorsey, CEO Twitter yang juga salah satu pendirinya. (Foto: Anushree Fadnavis/Reuters)

Adalah Jack Dorsey, ikon Twitter sekaligus salah satu pendirinya, yang bikin cuitan tersebut pada tanggal 21 Maret lebih dari satu dekade lalu. Sekadar tulisan "just setting up my twttr", tapi tetap bersejarah buat Twitter.


Merujuk pada informasi yang sudah terdokumentasi sejauh ini, Twitter awalnya memang sempat beridentitas sebagai "twttr" sebagaimana disebut Jack Dorsey dalam cuitannya di akun @jack.

"twttr" bukan cuma menjadi nama proyek awal Twitter, yang konon terinspirasi dari Flickr, melainkan juga jadi domain pertama (twttr.com) yang dibeli oleh kuartet pendirinya yakni Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams -- plus, tentu saja, Jack Dorsey.




Menurut sebuah artikel dari CNN.com pada tahun 2010 silam, nama "twitter" sebenarnya sudah tercetus oleh Dorsey cs. Yang jadi masalah, domain Twitter.com saat itu rupanya sudah dimiliki orang lain. twttr.com pun jadi pilihan seraya merumuskan visi ke depan.

Enam bulan usai "twttr" meluncur, barulah keempatnya yakin bahwa konsep dan visi yang mereka punya akan sukses, "dan menggelontorkan uang untuk menambah huruf vokal 'i' dan 'e' untuk mendapatkan domain Twitter.com."

Kini, layanan yang juga akrab dengan julukan "SMS-nya internet" itu merupakan salah satu medsos populer dunia. Twitter juga dapat dibilang sebagai medsos unik berkat kelazimannya jadi tempat pelarian berkeluh-kesah netizen saat medsos-medsos lain ngadat. Pengukuran trending topic, yang dapat dengan mudah dilihat pengguna, pun acapkali jadi tolok ukur topik apa yang sedang hangat. Itu mengapa yang tak pakai Twitter pun sangat mungkin tetap menyadari eksistensinya saat ini.



Hari Ini 13 Tahun Lalu, Twitter Mulai Mencuit
(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed