Kamis, 14 Mar 2019 17:01 WIB

Hal-hal yang Perlu Diketahui Saat Membangun Startup

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Startup kini tengah menjadi tren bisnis yang berkembang di kalangan anak muda di Tanah Air. Sebab penetrasi internet yang makin luas membuat potensi perusahaan rintisan digital pun makin menjanjikan.

Nah jika kamu tertarik memulai startup, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat membangun perusahaan rintisan digital.

Ide Sederhana

Tantangan terbesar saat mendiri bisnis adalah memulainya. Kamu dapat memulai bisnis dengan ide sederhana dari permasalahan yang ditemui sehari-hari.

Tentunya, dalam memulai bisnis jangan terpaku oleh tren. Sebab tren bisnis yang tengah berkembang pasti terdapat kompetitor yang serupa. Jadi, kamu harus memiliki ide kreatif yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan startup lain.

Target Audience

Menentukan target audience dan analisa pasar sangat penting karena dapat menentukan kesuksesan suatu bisnis. Kamu harus memahami kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh bisnis lain atau hadir sebagai bisnis yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Biasanya setelah menentukan segmentasi target audience, selanjutnya dapat melakukan analisa pasar. Analisa pasar mencakup analisa kompetitor dan juga siapa target yang ingin kamu sasar. Analisa pasar dapat juga melihat perkembangan perusahaan lain yang memiliki bisnis serupa dan bagaimana strateginya.

Kedisiplinan

Kesuksesan sebuah bisnis tidak terlepas dari sikap kedisiplinan yang harus dijunjung tinggi oleh pelaku bisnis itu sendiri. Hal tersebut bisa dimulai dari menentukan apa saja yang harus dilakukan dan menyusun prioritas yang harus dicapai dalam periode waktu tertentu untuk mengukur perkembangan bisnis.


Efisiensi

Penggiat startup disarankan mengelola pengeluaran melalui efisiensi biaya. Misalnya penggunaan co-working space yang lebih efisien secara biaya dibandingkan menyewa satu ruangan kantor dalam suatu gedung perkantoran.

Mengikuti Workshop

Menghadiri berbagai kelas dan workshop tentang startup akan membantu Anda untuk belajar lebih dalam dan mendapatkan inspirasi dari para pendahulu yang telah berhasil menjalankan bisnisnya.

Salah satu yang bisa diikuti Thinkubator. Ini adalah ajang yang membantu wujudkan mimpi anak muda mengembangkan startup.

Thinkubator merupakan kolaborasi antara pemerintah, Transmedia sebagai pelaksana, dan Grab Indonesia selaku official mobile platform partner.

Ajang ini siap menjaring potensi digital dalam negeri lewat proses bimbingan dan sharing ilmu dari ahli di bidangnya. Mereka juga akan mendapatkan akses permodalan dari investor senilai Rp 3 miliar.

Thinkubator mencari 150 startup dari penjuru Indonesia. Sebanyak 6 startup terpilih akan diundang di Conference Event pada 28 Maret 2019 sekaligus untuk memperluas network dan merasakan pengalaman Idea Pitching langsung dengan pengusaha dan expert pada Live Pitch yang akan digelar pada 29 Maret 2019.

Pendaftaran dibuka dari 5-19 Maret 2019. Adapun screening online akan dilakukan pada 19 Maret 2019 dan 6 finalis akan diumumkan pada 28 Maret 2019 untuk melaju ke fase Live Pitch di 29 Maret 2019.

Segera daftarkan startup-mu di Thinkubator! Informasi pendaftarannya bisa dilihat di sini.



(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed