Rabu, 13 Mar 2019 21:10 WIB

Mau Jadi Pakar SEO Harus Belajar Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra/detikcom Ilustrasi. Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Saat ini search engine optimization (SEO) mulai banyak digunakan oleh perusahaan dan bisnis untuk meningkatkan visibilitas situsnya di mesin pencari dan menarik lebih banyak traffic.

Perusahaan pun banyak yang mencari ahli untuk masuk dalam tim SEO mereka. Tapi, kalau mau menjadi ahli SEO harus belajar apa?



Menurut CEO ToffeeDev, Ryan Kristomuljono saat ini tidak ada jurusan khusus di universitas yang bisa ditekuni jika ingin menjadi ahli SEO.

"Tantangan saat ini adalah talent-nya siapa? Jurusan apa? Nggak hanya di Indonesia, di dunia belum punya jurusan yang pas," kata Ryan saat ditemui di sela-sela SEO Conference 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Ia menambahkan saat ini SEO masih merupakan sesuatu yang cukup baru, sehingga dukungan dalam bentuk pendidikan hanya disediakan oleh institusi yang mengajarkan pemasaran digital.

Selain itu, walau Ryan mengatakan semua orang yang memiliki ketertarikan terhadap pemasaran digital bisa menjadi ahli SEO, setidaknya mereka harus memiliki pengetahuan dasar mengenai coding.

"Perlu tahu coding sedikit, cara bikin link, kurung siku. Nggak perlu tahu programing secara deep, tapi kita perlu tahu dasar programing-nya," jelasnya.

Menurutnya lebih penting bagi ahli SEO untuk mengetahui cara membuat konten buatannya untuk hadir di halaman pertama hasil pencarian. Pengetahuan itu kemudian dikombinasikan dengan pengetahuan dasar coding yang telah mereka pelajari.



"Optimizer lebih banyak ke logic thinking dan pengaplikasiannya. Jadi harus kombinasikan antara konten dan coding, itu yang dipelajari di SEO," pungkasnya. (rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed