Rabu, 13 Mar 2019 18:20 WIB

Ingin Kuasai SEO, Jangan Lupakan Mobile

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Search engine optimization (SEO) bisa digunakan untuk menjaring traffic yang datang ke situs milik suatu bisnis lebih organik. Tapi, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat situs kalian lebih search friendly atau mudah dicari.

Salah satunya, dengan tidak mengabaikan situs versi mobile. Apalagi di Indonesia, saat ini traffic internet didominasi oleh pengguna internet secara mobile.



"74% traffic di Indonesia itu datang dari mobile. Dari tahun 2015, traffic di mobile itu sudah lebih dari traffic di desktop," kata Webmaster Outreach Strategist Google Asia Pacific, Aldrich Christopher saat mengisi SEO Conference 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/4/2019).

Aldrich mengatakan, Google saat ini bahkan telah mengutamakan situs versi mobile dalam proses pengindeksan atau yang biasa disebut mobile-first indexing.

Sebelum adanya mobile-first indexing, situs versi desktop lah yang selalu dimasukkan dalam indeks pencarian Google.

Tapi sekarang, untuk memudahkan pengguna internet yang sering berselancar secara mobile, situs versi mobile lah yang digunakan dalam proses indexing.

Ingin Kuasai SEO, Jangan Lupakan Mobile Webmaster Outreach Strategist Google Asia Pacific, Aldrich Christopher. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


Menurut Aldrich, hal ini harusnya mendorong pengembang situs untuk tidak hanya fokus kepada versi desktop.

"Jadi mungkin, semasa kita membuat website kita bisa memikirkan lebih banyak soal versi mobile. Nah gimana terus versi mobile-nya kita bisa adapt di versi desktop," jelasnya.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan pengembang jika ingin memastikan apakah situs mereka telah mobile friendly atau belum. Misalnya seperti memastikan konten, link, alternate text dan gambar telah sesuai antara versi desktop dan mobile.

Tapi jika masih ragu, Google sendiri yang akan langsung memberi tahu pengembang jika situsnya sudah siap untuk mobile-first indexing atau belum.



"Kita akan mengirim pesan kepada teman-teman di Search Console. Itulah kenapa sangat penting kita harus memverifikasi situs kita di Search Console. Soalnya Google sendiri yang akan kirim pesan buat mobile-first indexing," pungkasnya. (rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed