Senin, 04 Mar 2019 19:40 WIB

Grab Akan Uji Coba Kendaraan Listrik Personal di BSD City

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Tangerang - Grab baru saja mengumumkan rencananya untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) di BSD City. Pusat R&D ini akan menjadi tempat Grab mengembangkan sejumlah proyek.

Salah satunya adalah proyek kerjasama uji coba Personal Mobility Device (PMD). PMD nantinya akan menjadi sarana transportasi jarak dekat yang dapat digunakan dengan biaya terjangkau.




"Itu juga salah satu electrified vehicles. Tapi karena namanya personal, bukan dalam bentuk yang kayak rame-rame atau kayak mobil," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di BSD City, Senin (4/3/2019).

Ridzki belum mau berkomentar tentang apa bentuk PMD yang akan diuji coba Grab. Tapi ia memastikan bahwa bentuknya tidak konvensional seperti sepeda atau otoped.

Ridzki juga mengatakan, bentuk PMD yang dikembangkan oleh Grab berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Migo. Seperti diketahui, Migo menawarkan layanan penyewaan sepeda listrik.

"Oh, nggak seperti itu. More to come lah," ujar Ridzki.

Selain itu, Ridzki mengatakan bahwa Grab tidak menutup kemungkinan untuk menguji coba kendaraan listrik yang lebih besar seperti mobil listrik di Indonesia.

Grab sendiri pada tahun lalu mendapatkan suntikan investasi sebesar USD 250 juta dari Hyundai dan Kia untuk berkolaborasi di sektor kendaraan listrik.




"Untuk di sini sebetulnya banyak hal yang kita looking forward dan di antaranya electric vehicles untuk kita masuk sini," kata Ridzki.

"Saya yakin Sinar Mas Land sangat terbuka soal hal tersebut. Tapi banyak yang harus dilihat soal kerjasama dengan siapa dan lain-lain," pungkasnya. (rns/rns)