Menjajal Layanan Go-Jek Thailand Keliling Kota Bangkok

Menjajal Layanan Go-Jek Thailand Keliling Kota Bangkok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 01 Mar 2019 16:55 WIB
Foto: Virgina Maulita Putri
Jakarta - Go-Jek telah resmi melebarkan sayapnya di Thailand. Di negara Gajah Putih, layanan Go-Jek menjelma jadi Get dan resmi melayani sebagian besar kota Bangkok.

Saat menghadiri peluncuran resmi Get, detikINET pun berkesempatan untuk menjajal layanan ojek online mereka untuk berkeliling kota Bangkok. Ternyata sensasinya hampir sama dengan menggunakan layanan Go-Jek di Indonesia.




Untuk menggunakan layanan Get, pertama-tama kalian harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Get tersedia dalam versi iOS maupun Android.

Ketika dibuka, aplikasinya terlihat bersih dan minimalis, tidak jauh berbeda dengan aplikasi Go-Jek. Get sendiri membanggakan kesederhanaan aplikasinya, yang memungkinkan pengguna untuk memesan ojek online hanya dalam tiga klik.

Aplikasi ini tersedia dalam dua bahasa, yaitu Thailand dan Inggris. Layanan yang tersedia saat ini ada tiga yaitu Get Win untuk ojek online, Get Delivery untuk pengantaran barang, dan Get Food untuk pengantaran makanan.

Mungkin yang membedakan Get dengan Go-Jek adalah driver-nya. Di Thailand abang ojek, atau yang dalam bahasa setempat disebut "Phee Win", harus memiliki lisensi khusus jika ingin beroperasi.

Phee Win yang telah berlisensi ini dapat dilihat mengenakan rompi oranye yang di bagian dada dan punggungnya terdapat informasi driver tersebut, seperti nama dan nomer lisensi.




Seragamnya pun berbeda. Jika Go-Jek identik dengan warna hijau dan aksen hitam, seragam driver Get hadir dengan nuansa kuning neon dan abu-abu. Kedua warna ini ternyata memiliki arti khusus.

Driver Get di BangkokDriver Get di Bangkok Foto: Virgina Maulita Putri


Co-founder dan CEO Get, Pinya Nittayakasetwat mengatakan bahwa kedua warna ini, yang disebut Safety Yellow dan Street Grey ini melambangkan prioritas Get terhadap keselamatan pengemudi dan pengendara.

"Safety Yellow ini memantulkan cahaya sehingga mereka aman di jalan. Kedua Street Grey ini adalah warna abu-abu jalanan Bangkok," kata pria yang biasa disapa Kun Pan ini saat ditemui di Bangkok, Thailand pada pertengahan pekan.

Ketika dilihat di jalanan, warna seragam ini memang terlihat mencolok. Sehingga akan selalu menarik perhatian pengguna jalan lainnya.




Salah satu pembeda lainnya adalah perbedaan bahasa. Banyak dari driver Get yang tidak begitu lancar berbahasa Inggris sehingga sedikit menyulitkan bagi orang asing.

Selain itu, seluruh transaksi saat memesan layanan Get masih harus menggunakan uang tunai. Tapi dalam waktu dekat, Get akan segera meluncurkan layanan dompet digital yang mirip seperti Go-Pay.


(vim/krs)